PENDIDIKAN

Osis SMA Negeri 1 Garut Menantang Para Siswa SMP dan Sederajat Dalam Kompetisi SAS

Ketua Osis SMA Negeri 1 Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Osis SMA Negeri 1 Garut Jawa Barat mencoba memberikan tantangan bagi para siswa SMP/MTs sederajat untuk berkompetisi dalam bidang sains, kepramukaan, baris-berbaris, palang merah, seni, serta keagamaan.

Ketua Osis SMAN 1 Garut, Moch. Noviansyah Fakhrudin menjelaskan, saat ini pelajar dituntut tanggap terhadap perkembangan masa depan agar mereka bisa berdaya guna dan berdaya saing di dunia global.

Menurutnya penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan, serta teknologi informasi, adalah syarat mutlak untuk dapat menyongsong zaman yang semakin maju  ini.

“Atas dasar inilah, kami Osis SMA Negeri 1 Garut menggelar Science Art Skill (SAS). Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan, dan tahun 2018 ini merupakan SAS yang ke-8. “ujar Moch Noviansyah, Sabtu (7/4/2018).

Menurutnya untuk tahun ini, ada enam cabang kompetisi yang dilombakan untuk pelajar SMP sederajat dalam rangkaian SAS ini

Enam cabang yang dilombakan itu yakni :  Science Fair, ADK Skill Power Scouts and Guides Competition (ASPSC), Lomba Keterampilan Baris-berbaris (LKBB), Red Cross Youth Competition 91 (Recoution 91), Recreation Art Competition 91 (Retro 91), serta Qur’an Generation (Q-Gen).

“Tema SAS ke-8 yang digelar tahun ini adalah “Karancagean Nonoman Kapunjulan Bangsa (Kreativitas Remaja Keunggulan Bangsa). Tema ini diusung karena kami menyadari bahwa kunci keberhasilan bangsa sangat tergantung pada peran generasi mudanya,” ujar Noviansyah.

Sementara itu Ketua Pelaksana SAS ke-8, Gilang Giri Nugraha menjelaskan, kompetisi SAS kali ini terbuka untuk pelajar SMP/MTs sederajat dari tiga wilayah, yakni Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk cabang Science Fair, peserta dapat mengikuti olimpiade matematika, fisika, biologi, PKN, IPS terpadu, dan story telling. Untuk cabang Recoution ada lomba PP, tandu, dan PK. Untuk  Retro 91 ada lomba solo vokal, menggambar, dan baca puisi. Sementara pada cabang Q-Gen terdapat lomba tahfidz quran dan olimpiade PAI.

“Kami sangat berharap setiap sekolah dari tiga wilayah ini ikut mengirimkan perwakilan dan berperan serta dalam kompetisi ini. Inilah ajang buat adik-adik pelajar di SMP dan MTs sederajat untuk menguji dan menunjukkan kemampuan dalam enam kompetisi SAS,” kata Gilang.

Gilang juga menjelaskan, SAS akan berlangsung pada tanggal 5 Mei 2018 di Kampus SMAN 1 Garut, Jl. Merdeka No. 91 Garut. Sementara pendaftarannya dibuka sejak tanggal 5 hingga 20 April 2018 mendatang. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi narahubung di nomer HP 0895-3270-9865 dan 0896-6222-0564, atau dengan mengakses instagram @scienceartskill.

“Panitia juga menyediakan hadiah jutaan rupiah dan piala bergilir SAS,” ujar Gilang.***TGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *