DSC_0217_0001-300x199 GAPURANA  Wagub Jabar Resmikan 10 April Hari RA Lasminingrat Pahlawan Perempuan Garut

Wagub Jabar Deddy Mizwar didampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat peresmian 10 April Hari Lasminingrat, foto jmb

Gapura Garut ,- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar secara resmi menetapkan tanggal 10 April sebagai hari RA Lasminingrat, pahlawan intelektual perempuan Garut yang kini gelar pahlawannya kembali diusulkan pemerintah Kabupaten Garut kepada Presiden.

“Kiprah RA Lasminingrat kemudian bangunan peninggalannya sudah cukup memberi bukti bahwa yang bersangkutan layak diberikan gelar pahlawan nasional. Sambil menunggu proses pengajuan yang kembali akan diusulkan,”Kata Rani Permata Diky Chandra, ketua Tim Pengusung Pemberian Gelar Pahlawan bagi RA Lasminingrat, Senin (10/4/2017).

Rani saat memberikan sambutan para acara deklarasi dukungan pengajuan Lasminingrat untuk kembali diusulkan pemberian gelar Pahlawan menyebutkan ada empat poin yang menjadi harapan warga Garut melalui tim pengusung gelar pahlawan tersebut.

“Poin pertama tanggal 1o April untuk ditetapkan sebaga hari RA Lasminingrat, yang kedua deklarasi dukungan pengusulan kembali RA Lasmingrat untuk mendapatkan gelar Pahlawan, yang ketiga bangunan peninggalan berupa bangunan sekolah SDN Regol 7-10 agar dilakukan restorasi dan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, serta yang keempat semoga segera ada jalan yang diberinama jalan RA Lasminingrat. Semua itu dalam rangka menggolkan pengusungan gelar Pahlawan nasional bagi RA Lasminingrat,”Ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat mendampingi Wagub Deddy Mizwar mengamini harapan warga Garut yang disampaikan Rani Diky Chandra tersebut. Ia bersama warga Garut siap untuk kembali mengajukan usulan pemberian gelar Pahlawan bagi RA Lasminingrat.

“Bagi kita RA Lasminingrat memang sudah tidak diragukan lagi sebagai Pahlawan atas sepek terjang dan jasa-jasanya selama hidupnya sebagai pejuang kesetaraan bagi kaum perempuan,”Ujar Helmi

Helmi menegaskan terkait poin poin yang disampaikan warga Garut melalu Rani Diky Chandra sebagai pengusung gelar pahlawan akan dibahas secara teknis bersama dinas-dinas teknis sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan siap mendorong bersama TP2GD Povinsi untuk bersama-sama menggolkan pengusulan gelar pahlawan bagi RA Lasminingrat.

“Intinya jangan terburu-buru dalam pengajuan gelar palawan ini tetapi lengkapi dulu seluruh data-data yang diperlukan agar kesempatan yang tersisa untuk pengajuan ini berakhir sukses,”Tandasnya.

Dalam akhir sambutannya Deddy Mizwar menyatakan secara resmi menetapkan tanggal 10 April sebagai hari RA Lasminingrat sebagai pahlawan perempuan.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang