batu-akik-garut GEMSTONE  Pamornya Terus Melambung, Batu Hijau Garut Juga Banyak Dipalsukan

Gapura Gemstone,-  Bongkahan batu-batu berwarna hijau hasil tambang dari Kawasan selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, nilainya terus meroket tinggi tentu saja setelah melalui berbagai proses pembentukan dan pemolesan.

Kekita masih dalam bentuk bongkahan batu besar, sepertinya batu ini sama sekali tidak menarik. Baru setelah dilakukan sejumlah proses pengolahan oleh para pengrajin batu setempat bongkahan batu tersebut berubah menjadi cantik dan bernilai jual tinggi.

Kemampuan para pengrajin batu akik di Garut cukup luar biasa ternyata dapat menyelesaikan sebuah proses pembuatan batu cincin itu hanya memerlukan waktu kurang dari 15 menit.

Mulai dari tahap pertama pada proses pembuatan, dimana pada umumnya adalah melakukan pemotongan dan pembentukan diameter batu sesuai keinginan pemesan atau sipembuat batu akik itu sendiri.

Menggunakan pisau batu diamond wheel yang diputar dengan dinamo, para perajin batu bisa cepat membuat bentuk batu sesuai yang diinginkan. Pembuat harus sangat berhati-hati disaat  menjalankan proses tersebut sebab pisau batu bisa saja memutuskan jari tangan, apabila pergelangan tangan terpeleset saat mengerjakan proses tersebut.

Setelah selesai proses pemotongan dan pencetakan, perajin kemudian pindah ke mesin rakitan yang dilengkapi 5 diamond wheel khusus. Dari tahap penggosokan ini kemudian dilanjutkan dengan proses finishing yang dilakukan dengan cara manual. Para pengrajin batu akik di Garut umumnya dapat membuat batu dengan tampilan yang menarik  mengkilap dengan beragam bentuk.

Harga batu akik Garut dengan kualiatas bagus dapat dihargai hingga ratusan juta rupiah. Biasanya yang paling dicari adalah jenis batu hijau  biasanya berwarna hijau asal Bungbulang.

Para konsumen luar kota maupun luar negeri sangat memyukai batu hijau asli Bungbulang tersebut. Para pecinta batu pun harus makin berhati hati sebeb saat ini batu hijau Garut juga  sudah mulai dipalsukan oleh pihak-pihak yang menginginkan keuntungan dari pamor batu akik Garut yang terus melambung.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang