GEMSTONE

Menter Marwan Ja’far: Industri Batu Akik Bisa Mendunia

Koleksi Batu Garut yang indah dan memikat
Koleksi Batu Garut yang indah dan memikat

Gapura Gemstone ,- Menteri Desa Marwan Ja’far menilai pengrajin batu akik merupakan bentuk kreatifitas masyarakat asli Indonesia yang perlu dijaga. Karena itu, sebagai penikmat batu akik, dia mengajak desa mengembangkan industri kerajinan tersebut dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan di daerah industri batu akik.

Karena menurutnya, industri kerajinan batu akik, jika dimanage secara profesional, bisa mendunia. Otomatis pula, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah.

Makanya, dia mengapresiasi beberapa daerah di Indonesia yang sudah mulai membuat rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan Usaha Kerajinan Batu Akik untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Seperti pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang membuat Perda yang bertujuan melindungi perajin serta cara mengeksploitasi sumber daya alam tersebut,” ujar Marwan di Jakarta, Selasa, (17/2).

Marwan menambahkan, kreatifitas masyarakat dalam membuat batu akik, menurutnya juga jangan sampai merusak merusak sumber daya alam yang dieksploitasi secara besar-besaran.

“Jadi harus ada panduan cara pengolahan, dan pemasaran, agar Industri Batu Akik bisa dikembangkan secara profesional,” ujarnya.

Hingga saat ini, masih banyak pengrajin batu akik di Indonesia yang masih bekerja secara manual dan berupa Industri rumah tangga. “Kedepan, industri batu akik, harus bisa menjadi lebih profesional dan mengangkat derajat masyarakat desa pengrajin batu akik,” imbuhnya. [zul]***Dikutif dari rmol.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *