batu-akik-garut-hijau-botol-640x457-300x214 GEMSTONE  Meski Pamornya Mulai Turun, Garut Malah Segera Wujudkan Desa Wisata Batu Akik

foto istimewa

Gapura Gemstone ,- Meski pamor batu akik kini mulai menurun tetapi tidak menyurutkan upaya para perupa batu akik untuk terus berkarya. Para penggiat seni pahat Kabupaten Garut yang terbagung dalam Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik RJK di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut malah segera mewujudkan impiannya untuk membentuk Desa wisata Batu Akik.

Ide para pemahat tersebut langsung diamini Wakil Bupati Garut Helmi Budiman yang mengaku sangat setuju dengan ide dan gagasan para seniman perupa tersebut.

“Tentu saja untuk pengembangan pariwisata kita kedepan ide-ide semacam itu harus segera diwujudkan, Kami sangat mendorong ini (batu akik) bukan hanya industri kreatif tapi untuk segera menjadi desa wisata di Garut,” Kata Wakil Bupati Garut Helmy Budiman, baru-baru ini.

Menurutnya, Paguyuban Seni Pahat Patung Batu Akik RJK sejauh ini telah menunjukan karya nyata dan bernilai seni tinggi degan membuat arca dari batu akik, sehingga harus diapresiasi dalam kerangka pengembangannya.

“Karya yang dihasilkan paguyuban RJK ini  merupakan karya luar biasa yang akan mendorong industri kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat terus berkembang, ini harus terus kita dorong”, Ungkapnya.

Helmi menambahkan, pemerintah kedepan akan  membantu pengadaan alat yang cukup canggih untuk memoles dan mengukir batu akik menjadi lebih baik. Sementara itu untuk lokasi yang akan dijadikan desa wisata Helmi menyebut wilayah Kecamatan Bayongbong merupakan daerah yang cukup ideal dengan kondisi alamnya yang indah dan tidak jauh dari perkotaan.

“Bayongbong ini cukup ideal buat projek desa wisata Batu akik ini, mudah-mudahan saja nantinya mampu memperlihatkan kreativitas budaya Garut ke tingkat nasional maupun internasional”, Pungkasnya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang