OLAHRAGA

Kondisi Aspal Sirkuit Baru, Banyak Pembalap Terjatuh Saat Memacu Motornya

Kondisi asal baru dan tikungan tajam membuat par pembalap banyak yang jatuh, foto Hermanto
Kondisi asal baru dan tikungan tajam membuat par pembalap banyak yang jatuh, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Bagian aspal Sirkuit Sport Centre yang terletak di Langensari Kota Banjar, memang baru selesai di Hotmix beberapa Minggu yang lalu. Sehingga daya cengkram ban dengan aspal di Sirkuit tersebut masih kurang maksimal.

Kondisi tersebut  membuat ratusan pembalap dari berbagai team yang mengikuti Kejurda Roadrace  seri ke 5 di Kota Banjar ini, banyak yang terjatuh. Lintasan yang paling kerap mengakibatkan pembalap terjatuh adalah di tikungan R14 dan R15 atau tikungan terakhir sebelum finish. Karena kedua tikungan tersebut merupakan tikungan mati atau leter U.

Riefsa Firdaus, salahsatu pembalap Kota Banjar mengatakan, kedua tikungan di Sirkut Langensari tersebut memang sudah berkali-kali terjadi insiden pembalap terjatuh, karena selain lintasan baru di hotmix, tikungan tersebut pun tikungan mati. Disebut tikungan mati karena sebelum memasuki tikungan R14 atau leter U, pembalap tengah kencang-kencangnya menggeber tunggangannya.

“Sebelum memasuki tikungan ini, pembalap sedang gaspol atau gigi perseneleng berada pada top gear, lalu tiba-tiba harus engine break dan turun gigi hingga gigi satu. Nah disinilah para pembalap banyak yang terjatuh karena saling tutup jalur, main gesrekan, bahkan ada yang langsung bodi contack lalu akhirnya terjatuh,”Ungkapnya , Minggu (27/12/2015) di Padock team nya.

Beruntung, dengan rentetan insiden terjatuhnya para pembalap di Sirkuit tersebut, tidak menimbulkan cedera yang serius bagi pembalap, dan hal ini menurutnya sudah biasa bagi seorang pembalap.

“Pembalap terjatuh dari motornya itu sudah biasa, dan cederanya pun tidak akan parah asalkan menggunakan werpak yang sesuai dengan standar keamanan balap,”katanya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *