HUKUM KRIMINAL

Polisi Dalami Ciri-ciri Pembobol ATM di Garut

Petugas saat melakukan Identifikasi Mesin ATM yang diduga dibobo pelaku, Kamis (25/9/2014) foto jmb
Petugas saat melakukan Identifikasi Mesin ATM yang diduga dibobo pelaku, Kamis (25/9/2014) foto jmb

Gapura Garut,-  Kasat Reskrim Polres Garut AKP Dadang Garnadi mengatakan, pihaknya tengah mendalami ciri-ciri pelaku pembobol ATM milik Bank Muamalat di jalan Otista Kecamatan tarogong Kidul Garut, yang terjadi pada Kamis (25/9/2014).

Menurut Dadang, modus operandi yang dilakukan pelaku tidak jauh berbeda dengan sejumlah kasus pembobolan ATM yang sebelumnya terjadi di Garut.

“Dari hasil rekaman video CCTV, kami sudah mengetahui ciri-cirinya. Dia bukan orang baru, melainkan orang yang selama ini kami cari. Pelaku pada kasus yang sekarang ini kami duga sebagai pembobol mesin ATM beberapa waktu lalu,” kata Dadang, Kamis (25/9/2014).

Meski demikian, Dadang belum bersedia  membeberkan detail ciri  pelaku berikut peralatan yang digunakan untuk merusak mesin ATM yang kini tengah terus didalamai pihaknya.

Selain ATM di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul, Dadang juga  membenarkan bila satu unit mesin ATM lain yang berada di Kecamatan Bayongbong juga menjadi target pelaku yang juga  sempat dirusaknya.

“Dalam rekaman CCTV itu, jeda waktu antara percobaan pembobolan kedua ATM ini hanya sekitar satu jam. Peristiwa pertama terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, sementara yang kedua pada pukul 03.00 WIB dini hari. Ciri-ciri pelakunya masih sama,” ujarnya.

Aparat kepolisian pun telah mencoba menghadirkan vendor berikut perwakilan kedua bank yang memiliki masing-masing mesin ATM tersebut. Setelah diperiksa, tidak ada uang yang hilang.

“Kasus ini murni percobaan pembobolan. Pihak bank berikut vendornya sudah kami hadirkan ke dua lokasi berbeda. Tidak ada uang yang hilang. Uangnya masih tersimpan dalam brankas mesin ATM,” Paparnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, pengrusakan mesin ATM milik Bank Muamalat diketahui Kamis (25/9/2014) pagi  sekitar pukul 07.00 WIB pagi hari. Sejumlah warga, curiga ketika mesin ATM di Jalan Otista Kecamatan Tarogong sudah dalam keadaan rusak.

Di waktu yang sama, satu unit mesin ATM milik bank lain di wilayah Kecamatan Bayongbong juga dilaporkan rusak. Tingkat kerusakan ATM ini, mirip dengan yang terjadi pada unit ATM di Jalan Otista.***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *