HUKUM KRIMINAL

Door….Polisi Tembak Pentolan Begal Jaringan Cibugel

tersangka

Gapura Garut ,- Jajaran Kepolisian Resort Malangbong, Garut berhasil menggulung Lima anggota kawanan begal jaringan Cibugel, Sumedang. Mereka  berhasil ditangkap salah seorang diantaranya, Jajang Maktub alias Jajang Batik (44), terpaksa ditembak pada bagian betis kanannya karena mencoba memberikan perawnan saat disergap petugas.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Jajang Batik adalah pria yang sekujur tubuhnya dipenuhi dengan tato, merupakan residivis atas sejumlah kasus serupa.

“Dia ini merupakan pentolan komplotan Begal, ia sering keluar masuk penjara. Perbuatannya merampas motor sudah sangat mengkhawatirkan. Kami pun berhasil menangkap dia beserta kawanannya setelah melalui berbagai upaya pengintaian,” kata Kapolsek Malangbong AKP Suhartono, Senin (16/3/2015).

Dari tangan kelima tersangka, polisi mengamankan sedikitnya tujuh unit sepeda motor curian. Ketujuh motor curian itu merupakan hasil aksi mereka di wilayah Garut dan daerah lainnya.

“Mereka kerap beraksi di wilayah Garut. Untuk wilayah luar, masih kami dalami,” ujarnya.

Adapun modus kawanan ini adalah memepet korban yang sepeda motornya telah diincar. Setelah korban berhenti, mereka merampas paksa kendaraannya.

“Kalau korbannya melawan, kawanan ini tidak segan menganiaya dan melukai. Setelah berhasil, mereka biasanya menjual kembali sepeda motor rampasannya. Harga jualnya bervariasi, antara Rp2 juta Rp4 juta per unit. Tergantung jenis motor,” ucapnya.

Atas perbuatannya, kawanan ini dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Mereka terancam hukuman tujuh tahun penjara.***Bray

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *