HUKUM KRIMINAL

Operasi Zebra Lodaya Serentak, Pemohon Pembuatan SIM Melonjak

Suasana diruang tunggu pembuatan SIM Polres Banjar, foto Hermanto
Suasana diruang tunggu pembuatan SIM Polres Banjar, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Dampak dari kegiatan Operasi Zebra Lodaya yang digelar pihak Kepolisian secara serentak diseluruh wilayah hukum Polda Jawa Barat,  sejak 22 Oktober – 4 November 2015, berimbas pada permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang melonjak tajam.

Sejak sepekan terakhir ini, permohonan pembuatan SIM baru maupun perpanjangan baik SIM A ataupun SIM C di Kota Banjar Jawa Barat meningkat tajam.

Peningkatan pemohon SIM tersebut terlihat dibagian pelayanan pembutan SIM Polres Banjar, Kota Banjar. Sebagian warga harus antri bersabar mengikuti tahapan demi tahapan yang harus diikuti para pemohon SIM tersebut.

Tini (30) salahsatu pemohon penerbitan SIM baru mengatakan, selama ini dirinya belum memiliki SIM dan ia sudah tiga kali terzaring operasi Zebra Lodaya di Kota Banjar. Hal inilah yang memicu dirinya untuk membuat SIM.

“Sudah beberapakali saya terjaring razia karena tidak memiliki SIM, dan kini saya akan memohon penerbitan SIM baru disini,” Kata Tini ditemui disela-sela pembuatan SIM, Selasa (3/11/2015).

Hal yang sama pun diucapkan Andi Nugraha (41) warga Kelurahan Banjar, Kota Banjar, dirinya baru kali ini akan membuat SIM, karena khawatir terjaring razia saat menggunakan kendaraan bermotor.

“Ini baru pertama saya mau bikin SIM C, karena khawatir terjaring razia lalu lintas,”Ucapnya.

Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Rislam melalui Baur SIM Aiptu Dayat Hidayat mengatakan, selama ini biasanya menerima permohonan SIM baru atau perpanjangan hanya 20-30 orang, namun sekarang bisa mencapai 40-60 orang per hari.

“Meskipun ada peningkatan dalam pembuatan SIM, namun kami pastikan material produksi SIM masih mencukupi,”ujar Dayat.

Dayat menambahkan, meningkatnya permohonan SIM ini dikarenakan dalam rangka Operasi Zebra Lodaya 2015 untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor disejumlah ruas jalan.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *