HUKUM KRIMINAL

Kota Banjar Masih Rawan Pencurian Sepeda Motor

gambar ilustrasi motor hasil curian, foto dok
gambar ilustrasi motor hasil curian, foto dok

Gapura Kota Banjar , – Tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor terutama sepeda motor masih rawan terjadi di Kota Banjar. Sejumlah warga  terutama  pemilik sepeda motor mengaku masih was-was, menyusul maraknya tindak pencurian sepeda motor di wilayah Kota Banjar.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pada awal tahun 2016 di bulan Januari  ini sudah terjadi beberapakali pencurian sepeda motor. Bahkan di lingkung Jelat, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman sudah terjadi tiga kali aksi pencurian.

“Dalam sebulan ini, sudah tiga kali terjadi pencurian sepeda motor,”Kata  Sawin (32) warga Jelat saat ditemui baru-baru ini.

Senada dengannya, Ikin (46) warga Jelat lainnya mengatakan jika pelaku pencurian sepeda motor itu kini sudah semakin nekad dan meresahkan. Pasalnya para pelaku melakukan aksinya berani pada siang hari.

“Saya kini khawatir jika berangkat kerja membawa sepeda motor, pasalnya para pelaku kini semakin nekad dan dalam melakukan aksinya kerap membawa senjata,”katanya.

Ikin berharap kepada aparat kepolisian untuk lebih aktif berpatroli pada siang hari. Karena para pelaku biasanya beraksi pada jam istirahat kantor.

“Saya berharap polisi lebih gencar dalam melakukan patroli, karena aksi pencurian baisanya terjadi pada jam istirahat kantor,”

Warga lainnya, Rasinah (43),  salah seorang pedagang sayuran di pasar Banjar menuturkan dirinya pada bulan Desember 2015 lalu kehilangan sepeda motor jenis matic saat diparkir di pasar. Ia pun berharap, polisi secepatnya menangkap para pelaku pencurian tersebut.

“Saya harap polisi lebih gencar dalam menjaga keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, sehingga pelaku-pelaku kejahatan ini tidak berkeliaran bebas,”harapnya.

Sementara itu Kapolsek Pataruman, Iptu Suharno mengatakan, pihaknya akan selalu rutin menggelar patroli baik siang maupun di malam hari agar  dapat mengungkap kasus-kasus kejahatan terutama pencurian sepeda motor yang berada di wilayah hukumnya.

“Kami akan mengoptimalkan jajaran untuk selalu berpatroli, hal ini guna mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan,”Ungkapnya saat dihubungi , Selasa (26/1/2016) via ponselnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat harus lebih waspada dan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

“Masyarakat pun harus berperan aktif, jika ada sesuatu yang kemungkinan menjurus kepada tindak kejahatan, segera lapor kepada pihak kepolisian,”pungkasnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *