iwan-ridwan-225x300 HUKUM & KRIMINAL SOSIAL POLITIK  Prihatin Kasus Yuyun, Pelukis Iwan Muri Gelar Aksi Solidaritas

Iwan Ridwan (Iwan Muri) pelukis kabupaten Garut, foto istimewa

Gapura Garut,- Perupa Kabupaten Garut Iwan Ridwa yang biasa disapa Iwan Muri (52), kembali unjuk keprihatinan atas peristiwa tragis yang menimpa Yuyun (14) bocah korban pemerkosaan 14 pria, di Kebupaten Rejeang Lebong Bengkulu hingga meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Kepergian Yuyun dengan cara tragis tersebut membuat publik terhenyak dan seakan disadarkan jika kejahatan seksual terhadap anak dan perempuan di Indonesia sudah sangat memprihatinkan.

“Akang juga punya anak seusia dengan Yuyun almarhum yang meninggal dengan cara tragis dan ini keprihatinan akang sebagai seniman hanya bisa dengan cara ini”, Kata Iwan Muri saat menggelar demo melukis keprihatinan dengan melukiskan wajah Yuyun diatas kanvas diiringi aksi treatikal dari para seniman lainnya, Kamis (12/5/2016).

Menurutnya, Kejahatan seksual terhadap anak dan perempuan saat ini benar-benar memprihatinkan dan perlu disikapi bersama-sama untuk menutup ruang gerak para pelaku kejahatan seksual tersebut.

“Peran-peran lembaga perlindungan anak dan perempaun harus semakin didukung penuh agar benar-benar mampu memberikan perlindungan yang memadai bagi perempaun dan anak dari ancaman kekerasan apapun”, Ungkapnya.

Iwan berharap khusus pemerintah Kabupaten Garut dapat segera membuat peraturan daerah tentanng perlindungan anak dan perempuan secara spesifik agar terhindar dari ancama kejahatan seksual dan kekerasan agar mereka benar-benar terlindungi.

“Kita harus mendorong pemeritah untuk membuat peraturan yang lebih spesifik dalam melindungi anak dan perempuan dari kejahatan seksual, semoga saja di Kabupaten Garut segera membuat perda juga”, Harapnya.

Sementara itu terkait hasil lukisan dalam aksi solidaritas untuk Yuyun tersebut, seniman berambut gondron ini akan melelang lukisannya senilai 12 juta rupiah dan hasilnya akan disumbangkan untuk lembaga Perlindungan Anak dan Perempuan di Kabupaten Garut.

“Kalau ada yang berminat lukisan wajah Yuyun ini akan di lepas dengan harga 12 juta rupiah atau syukur jika ada yang minat lebih tinggi dan hasilnya akan diserahkan untuk keperluan lembaga perlindungan anak dan perempuan di Garut”, Pungkasnya.***TG

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang