Screenshot_2017-04-28-06-46-15-32-169x300 HUKUM & KRIMINAL  Hati-hati Penipuan Bermodus Pemenang Hadiah Undian Marak Melalui Smartphone

Ini pesan broadcast penipuan bermodus pemenang undian hadiah, gambar dok

Gapura Nusantara ,- Sejumlah pengguna smart phone kembali mengeluhkan maraknya pesan broadcast yang menyebutkan pemilik smartphone yang bersangkutan sebagai pemenang undian  dengan hadiah beraneka ragam, mulai unit mobil, motor hingga uang tunai bernilai ratusan juta rupiah.

Modus penipuan tersebut berusaha mengelabui calon mangsanya dengan mempergunakan perantara website atau situs yang didesain sedemikian rupa agar para target dari penipuan mereka percaya dengan program undian tersebut.

Dalam situs yang para pelaku penipuan tersebut buat, mereka mencantumkan sebuah perusahaan produsen smart phone terkemuka dengan juga mencantumkan berbagai testimony seolah-olah dari para pemennang yang telah sukses terlebih dahulu.

“Ia awalnya dari boarcast di handphone kemudian suruh membuka situs mereka alamat situsnya ini www.undian-rimbb-android.cf memang mereka mengirim pesan ini dari nama perusahaan atas nama PT. ANDROID Ceo Indonesia,” Kata Yani salah seorang warga yang mengaku mendapatkan pesan penipuan tersebut, Jumat (28/4/2017).

Menurutnya, bukan hanya dirinya tapi banyak yang telah menerima pesan tersebut dan kini mereka sudah tidak bisa tertipu meski awalnya sempat surprise ketika mendapatkan pesan berhadiah itu.

“Awalnya ada rasa percaya juga tetapi seteah ditelusuri lebih jauh terlihat penipuannya, masa sebuah perusahaan besar memberi hadiah mobil tetapi membuat situs menggunakan alamat blog bukan domain berbayar dan jelas. mungkin karena takut terlacak,” Ungkapya sambil menyebutkan dirinya sedikit mengerti tentang IT di dunia maya.

Usep Suherman salah seorang warga lainnya mengatakan penipuan penipuan tersebut diera teknologi canggih saat ini memang sangat mudah untuk mengelabui korbannya terutama para warga yang masih awam terhadap ternologi internet.

“Makanya terlihat menipu karena ujung-ujungnya mereka meminta sejjumlah uang dengan alasan menebus surat-surat hadiah dan lain-lain. Ini yang harus diaspadai karena rasanya tidak mungkin sebuab hadiah mobil diumumkan dengan cara seperti itu sangat janggal,”Ujarnya.

Baik Usep maupun Yani meminta pihak terkait terutama otoritas pemegang kekuasaan bidang internet dan lainnya untuk mengantisifasi modus-modus penipuan tersebut karena bagi orang-orang awam bisa jadi sangat mungkin menjadi korbannya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang