IMG-20170531-WA0025-300x225 HUKUM & KRIMINAL INFO RAMADHAN  Banyak Aksi Pencurian Bulan Ramadhan, Warga Kota Banjar Resah

Warga semakin giat tingkatkan siskamling menjaga lingkungan dari aksi pencurian, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Memasuki bulan suci Ramadhan  aksi pencurian di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat kini sedang menjadi perhatian warga setempat, menyusul sejumlah  aksi pencurian yang ramai tersdengar seperti terjadi  di wilayah Desa Binangun, Kelurahan Banjar, dan Kelurahan Karangpanimbal, Kota Banjar.

Wargapun semankin waspada dengan meningkatkan kegiatan ronda malam secara bersama-sama untuk menjaga dan meminimalisir aksi-kasi pencurian tersebut. Warga Banjar sepakat untuk mengawasi daerah atau lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan cara pengawasan lebih ketat lagi.

Jika mendapati atau warga berhasil menangkap pelaku pencurian, warga akan bertindak tegas sebelum diserahkan kepada petugas kepolisian.

Seperti yang dilakukan RW 06 Lingkung Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Di lingkungan tersebut, jauh-jauh sebelum puasa sudah menggalakan kegiatan siskamling, karena menurut warga setempat di wilayah ini kerap terjadi pencurian ternak warga terutama ayam.

“Warga disini kerap kemalingan ternak ayam atau itik, jadi kami sepakat untuk menggalakan lagi kegiatan siskamling, hal ini untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan lingkungan,”Kata Sunaryo ketua RW 06, Rabu (31/5/2017).

Pernyataan ketua RW tersebut diamini warga lainnya bernama Dadan (29) warga dusun Pangasinan, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman. Menurutnya, selain ternak ayam milik warga, di wilayahnya pun pada tiga hari ke belakang telah terjadi pencurian 4 unit mesin pompa air milik warga yang terpasang di sumur bor.

“Disini sudah dua kali terjadi pencurian, yang pertama terbak ayam milik warga dan empat mesin pompa air,” katanya.

Tatang (34) warga Banjar Kolot juga menuturkan hal yang sama,  Menurutnya, pada 28/5/2017 disekitaran Kota Banjar ada yang kehilangan mobil Starlet warna merah bernopol Z 1452 KH sekitar pukul 17.00 WIB.

“Tempatnya saya tidak tahu, tapi saya mendengar dari teman bahwa ada yang kehilangan mobil sedan starlet,” katanya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Banjar, AKP Syahroni mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kepada warga Banjar yang sudah menggalakan siskamling untuk menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing.

“Kami dari kepolisian sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan siskamling, dan ini yang kami harapkan,” ujarnya.

Syahroni  berharap  warga tetap waspada dan jangan main hakim sendiri jika secara kebetulan warga berhasil menangkap pelaku pencurian. Lebih baik saran Ia, warga secepatnya segera menghubungi pihak kepolisian.

“Kami harap warga jangan main hakim sendiri, serahkan pada kami dan kami akan proses hukum sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang