Dasep Badrussalam penggiat Nyaneut dengan produk baru Teh Nyaneut, foto dok

Dasep Badrussalam penggiat Nyaneut dengan produk baru Teh Nyaneut, foto dok

Gapura Kuliner ,- Sejak lama Kabupaten Garut, Jawa Barat  juga terkenal sebagai daerah penghasil Teh yang melegenda, terbukti hingga kini hampir diseuruh wilayah di Kabupaten Garut dapat dengan mudah menjumpai perkebunan teh, baik milik rakyat maupun perkebunan yang di kelola PTPN.

Salah satu pengolahan Teh yang unik dan masih tetap bertahan turun temurun adalah teh kejek di Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut. Di Kecamatan ini tepatnya di Desa Situ Gede tradisi minum Teh dengan sebutan “Nyaneut”, kini telah menjadi salah satu agenda budaya yang cukup mendapatkan respon postitif berbagai kalangan.

Cukup beralasan jika kemudian seiring dengan geliat agenda budaya yang rutin digelar setiap tahun dalam beberapa tahun terakhir ini, mulai pula melahirkan produk unggulan yang melengkapi geliat budaya tersebut yaitu “Teh Nyaneut”.

Teh olahan tradisional kini sudah mulai dikemas apik dan rapih serta telah menembus pasar penikmat teh melalui pemasaran on line dan sejenisnya.

“Ini bagian kampanye menghidupkan kembali nilai-nilai budaya yang ada didaerah kami, setelah budaya nyaneut kembali menggeliat melalui festival nyaneut, kini saatnya membangkitkan kembali gairah petani teh rakyat daerah kami melalui Teh Nyaneut dan sejenisnya,” Kata Dasep Badrusaalam pemuda penggiat Budaya Kabupaten Garut yang juga pendorong lahirnya produk Teh Nyaneut dalam kemasan, saat ditemui Minggu (4/9/2016).

Dasep memastikan jika dengan cara-cara yang ditempuhnya dapat mempercepat mengantarkan kesejahteraan warga setempat yang telah lama memiliki kemampuan mengolah Teh namun belum ada produk Teh jadi yang menjadi andalan mereka.

“Warga kami sangat pintar dan apik dalam meracik Teh terutama Teh hijau mulai dari penanaman hingga pengolahan menjadi Teh siap saji, tetapi sejauh ini belum ada yang membanggakan mereka karena kurang didorong untuk melahirkan brand sendiri yang melekat dengan daerah atau simbol budayanya,”Ungkap Dasep.

Lahirnya produk Teh hijau dalam kemasan dengan Brand Nyaneut, lanjut Dasep diharapkan dapat membuka peluang-peluang usaha lainnya yang dimiliki Kecamatan Cigedug yang juga merupakan daerah penghasil sayuran serta dapat dikembangkan menjadi daerah agrowisata seiring dengan kesadaran warganya terhadap nilai-nilai budaya yang juga dapat dijual menjadi bagian dari objek wisata.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com