Para Pemudik pengendara sepeda otor masih mendominasi jalur selatan jabar Ciamis, foto Dedi

Para Pemudik pengendara sepeda otor masih mendominasi jalur selatan jabar Ciamis, foto Dedi

Gapura Mudik ,- Jajatan Kepolisian lalu lintas Polres Ciamis terpaksa melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan  trafick-light sistem flashing  yang diperuntukan bagi para pemudik pengendaraan  sepeda  dengan memutar dan satu arah.

Rekayasa tersebut sebagai upaya mengurai antrian kendaraan pada saat arus lalu lintas padat dari kedua arah pada musim mudik lebaran 2016 ini. Rekayasan diterapkan tepatnya di bunderan Sindangkasih, Kabupaten  Ciamis. Dimana bunderan tersebut  merupakan salah titik rawan kemacetan  yang berada di jalur mudik Selatan Jawa Barat di Kabupaten Ciamis saat  menuju Jawa Tengah ataupun sebaliknya pada arus balik nanti.

Menurut Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Ahmat Troy mengatakan  bunderan sindangkasih  semula pengguna jalan dengan berkendaraan bermotor bisa dari  dua arah, namun  untuk H-3 Lebaran  para pemudik pemakai speda motor  harus memutar,  diantaranya dari arah Ciamis (selatan) menuju Bandung (utara).

“Ini terpaksa kita lakukan rekayasan dimana  arah dari Bandung menuju Ciamis terus ke  Jawa Tengah dan Tasik menuju Ciamis Jawa Tengah  pengendara harus lurus”, Kata AKP Ahmat Troy Kasat Lantas Polres Ciamis, Minggu (3/7/2016).

Ahmat Trpy menegaskan rekayasa jalan dengan  pemberlakuan trafick-light sitem flashing tersebut  diberlakukan oleh pihaknya sebagai salah satu upaya  guna mengantisifasi dan mengurai kemacetan.

“Usai melewati bunderan Sindangkasih menuju Ciamis dan sekitarnya , di jalur selatan Ciamis ini rawan kecelakaan  karena pertemuan arus kendaraan sehingga kami berusaha mefokuskan pengauran pada kawasan ini”, Ungkapnya.

Upaya mengantisipasi kecelakaan, kata Ahmat pihaknya telah menerjunkan anggotanya pada setiap pertemuan arus jalan sepanjang  jalur mudik selatan Ciamis.

“Pokoknya kami akan berupaya  mengerahkan kekuatan penuh anggota dan bersama masyarakat peduli ketertiban-keselamatan lalu-lintas agar arus mudik dan balik lebaran ini lancar dan aman”, Tandasnya.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com