Gapura Nusantara ,- Pemerintah melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian telah menyiapkan tempat dan kadang penampungan ternak di daerah terdampak erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali.

Penampungan tersebut dibuat menyusul meningkatnya aktivitas Gunung Agung yang mengharuskan seluruh warga mengungsi.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Syamsul Ma’arif mengatakan, timnya telah melakukan identifikasi lokasi dan lahan yang akan dipakai sebagai tempat penampungan ternak, serta mengidentifikasi ketersediaan air dan pakan.

“Tempat penampungan sudah disiapkan untuk kapasitas 5.000 ekor tersebar di tujuh lokasi di Kabupaten Klungkung dan Karangasem,”kata Syamsul dalam rilisnya, Selasa (26/9/2017).

Menurutnya jumlah ternak dari empat kecamatan terdampak (zona merah) sekitar 17.000 ekor, sebagian ternak sudah dievakuasi secara mandiri ke tempat-tempat kerabat terdekat di daerah aman.

“sebagian lagi sudah ada yang dijual sehingga diperlukan tempat penampungan untuk sekitar 10.000 ekor,”ujarnya.

Di sejumlah lokasi aman di Bali warga juga banyak yang menawarkan lokasi milik mereka untuk dijadikan tempat penitipan hewan ternak tersebut.

“sedang diidentifikasi kelayakannya oleh Tim dari Ditjen PKH dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali serta Dinas Pertanian Kabupaten Karangasem,”,Imbuh Syamsul.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang