NUSANTARA

Hari Bumi Internasional, Satgas 323 Kostrad Ajak Warga Perbatasan Panen Raya

Gapura Papua , – Kegiatan pembinaan teritorial dari Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad membuahkan hasil yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Selama tiga bulan Pos Kotis Satgas 323 melaksanakan pembimbingan tentang keahlian berkebun kepada masyarakat di wilayah Asiki dan sekitarnya.

Tanaman jagung yang dinilai cocok dengan kondisi tanah yang ada di wilayah Asiki, meskipun harus dengan upaya yang keras untuk membuat tingkat kesuburan humus yang tinggi tidak menyurutkan semangat prajurit Buaya Putih dan masyarakat untuk melakukannya.

Hasil dari upaya tersebut dapat dituai pada hari Senin 22 April 2018 pada saat pelaksanaan panen raya yang bertepatan dengan peringatan Hari Bumi Internasional.

Masyarakat Asiki pun merasa senang dengan adanya panen raya tersebut. Karyo, seorang petani yang turut terlibat dalam kelompok tani bentukan Satgas 323 menuturkan dirinya merasa bangga kepada prajurit TNI yang bertugas di perbatasan karena disamping tugas menjaga kedaulatan wilayah negara masih sempat untuk melakukan pemberdayaan ekonomi mikro masyarakat khusunya dalam bidang pertanian.

Selain tujuan memberdayakan ekonomi masyarakat, pembinaan kelompok tani ini juga bertujuan memanfaatkan lahan yang masih belum optimal diolah.

“Saya bahagia dengan pembinaan kelompok tani dari Satgas 323, lahan kosong yang selama ini belukar bisa disulap menjadi ladang jagung yang bermanfaat” ujar Thomas Omba pemilik tanah dusun Prabu Asiki.

Kegiatan panen raya ini merupakan sinergitas antara prajurit dengan masyarakat yang berhasil membuktikan kerja keras yang membuahkan hasil. Sejak tahap penanaman, perawatan, sampai dengan panen seluruhnya dikerjakan berkat sinergitas warga.

Dansatgas Yonif Raider 323 Kostrad di sela-sela kegiatan panen mengatakan bahwa ini wujud keberhasilan pembinaan teritorial yang salah satunya adalah mewujudkan ketahanan pangan.

” Seperti apa yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, Indonesia sebagai negara agraris yang produktif,” katanya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *