NUSANTARA

Satgas 323 Upacara Mengenang 55 Tahun Kembalinya Papua Kepangkuan Ibu Pertiwi

Gapura Nusantara , – UNTEA salah satu organisasi bentukan PBB pada tanggal 1 Mei 1963 menyerahlan pemerintahan Papua bagian barat kepada Pemerintah Indonesia.

Hollandia yang sebelumnya menjadi pusat kekuasaan Kerajaan Belanda di Papua, diubah menjadi Kota Baru yang kini menjadi Jayapura.

Momentum 1 Mei ini hingga kini diperingati sebagai Hari Integrasi Papua ke dalam NKRI.

Peristiwa ini yang mendasari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad menggelar upacara peringatan Hari Integrasi Papua ke-55 di halaman PT. Korindo Abadi.

Upacara ini diselenggarakan dengan bekerja sama dengan pihak Pemerintahan Distrik Jair, Koramil 1711-13/Getentiri, Polsek Jair, dan manajemen perusahaan.

Turut hadir sebagai peserta upacara perwakilan dari setiap sekolah yang ada di sekitar wilayah Distrik Jair.

Bertindak sebagai inspektur upacara pada kesempatan ini, Dansatgas Yonif Raider 323 Kostrad Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina, M. Si. (Han).

Dalam amanatnya, Dansatgas menyampaikan bahwa momentum peringatan kembalinya tanah Papua ke pangkuan Ibu Pertiwi adalah suatu tonggak perjuangan yang harus dikenang.

Dansatgas juga menyampaikan bahwa fakta sejarah harus diluruskan, tentang kemurnian bahwa Papua adalah bagian dari NKRI sejak Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan 17 Agustus 1945. Hal ini kembali ditekankan oleh Dansatgas,

“karena belakangan ini ada beberapa pihak yang ingin mengubah realita sejarah dan memutarbalikkan fakta bahwa Papua bukan bagian dari NKRI”, tambahnya.

Dansatgas sebagai inspektur upacara juga membacakan kembali cuplikan pidato Presiden Soekarno di Kota Baru Jayapura 4 Mei 1963,

“Irian Barat sejak 17 Agustus 1945 sudah masuk dalam wilayah Republik Indonesia. Orang kadang-kadang berkata, memasukkan Irian Barat ke dalam wilayah Ibu Pertiwi. Salah! Tidak! Irian Barat sejak daripada dulu sudah masuk ke dalam wilayah kekuasaan Republik Indonesia”.

Sesuai dengan surat edaran Gubernur Papua nomor T-42/4905/SET, momentum 1 Mei ini juga digabungkan dengan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Sehingga saat yang sama Komandan Satgas juga mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional bagi seluruh insan pendidikan, khususnya yang ada di wilayah Asiki.

Pada kesempatan ini pula, Satgas Yonif Raider 323 Kostrad memberikan piagam penghargaan bagi siswa berprestasi dan bantuan alat olahraga kepada sekolah-sekolah yang ada di sekitar wilayah Asiki, berupa bola kaki yang merupakan sumbangan dari Uni Papua Football Community yang berpusat di Jakarta.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *