NUSANTARA

Satgas Raider 323 Kostrad Lengkapi Sarana Sanitasi Sekolah Perbatasan

Gapura Papua – Kondisi lingkungan yang memiliki kesulitan sumber air bersih, mengakibatkan berkurangnya kualitas sanitasi yang ada di wilayah Distrik Sesnuk Kabupaten Bovendigoel.

Ditambah dengan kondisi tanah yang tandus dan curah hujan yang tidak menentu membuat ketersediaan air bersih di wilayah tersebut kurang memadai. Hal inilah yang mendorong Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad untuk bergerak membantu kesulitan warga yang ada di sekelilingnya.

Seperti yang dilakukan oleh Pos KM 53 Satgas Yonif Raider 323 di SD Negeri Persiapan Menewa, KM 60, Distrik Sesnuk Kab. Bovendigoel (Jumat/11/05/2018).

Letnan Dua Inf Ari Surahman yang memimpin langsung anggotanya untuk memasang talang dan tandon air untuk menampung air hujan yang selama ini dirasa bisa menjadi salah satu alternatif menyediakan air bersih di lingkungan sekolah ini. Sarana ini adalah hasil swadaya anggota Pos KM 53 bersama warga di sekitar Camp KM 60 Distrik Sesnuk.

Sebelumnya, dalam memanfaatkan air hujan warga hanya menggunakan drum-drum bekas yang kurang sebagian besar sudah rusak dan bocor. Dengan adanya tandon penampungan air ini diharapkan kualitas dan kuantitas air yang ditampung akan lebih maksimal. Markus Butiop seorang guru yang mengajar di SD Negeri Persiapan Menewa mengatakan, “selama ini anak-anak sulit mendapatkan air bersih, terutama setelah mereka tiba di sekolah, kaki dan tangan mereka pasti kotor akibat debu atau lumpur akibat kondisi jalan yang seluruhnya masih tanah”. Paparnya

Ia menyebut dengan adanya tandon air ini, mereka berharap sebelum masuk kelas anak-anak bisa membersihkan kaki dan tangan mereka terlebih dahulu.

SD Negeri Persiapan Menewa adalah sekolah dasar yang memiliki 4 kelas dengan jumlah siswa sekitar 125 orang. Kondisi sekolah masih sangat terbatas, sehingga selain melaksanakan kegiatan-kegiatan karya bakti, Satgas 323 Kostrad juga membantukan personilnya untuk mengajar akibat kekurangan tenaga pengajar.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *