NUSANTARA

Satgas 323 Kostrad Persembahkan Film Pendek “Senyum Pancasila di Ujung Timur Indonesia”

Gapura Papua ,- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad belum lama ini merilis film pendek bertemakan Pancasila di channel Youtube miliknya.

Film tersebut dibuat dalam rangka mengikuti lomba karya kreativitas tentang Pancasila yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Pada lomba kreativitas ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018 mendatang.

Tema dan latar tempat yang cocok dengan nilai-nilai Pancasila dipilih dalam pembuatan film pendek tersebut.

Film berdurasi 5 menit ini mengisahkan tentang seorang Prajurit TNI yang ditugaskan diperbatasan dengan segala dinamika problem sosial yang buruk menurut bayangannya.

Namun setelah mengetahui kondisi nyata di Tanah Papua yang sesungguhnya, ternyata tidak seburuk apa yang dibayangkan oleh sang prajurit.

Kondisi masyarakat yang majemuk pada kenyataannya bisa saling menghargai dan memiliki kesadaran akan arti penting Pancasila yang tinggi.

Menurut Dansatgas Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina M. Si, (Han), kondisi di Papua terkadang memiliki persepsi negatif bagi orang yang belum pernah merasakan bagaimana kehidupan nyata di Papua, khususnya Bovendigoel.

“Bagi kita yang hidup dan merasakan kerukunan antar warga di sini akan sadar bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya juga terdapat di Papua”,ungkap Agust.

Menurut Perwira lulusan Akmil 2000 ini, film yang mengambil latar di Sekolah Dasar Negeri Inpres Asiki ini bertujuan untuk menegaskan kepada segenap warga negara tentang arti penting pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Tidak ada lagi saling membeda-bedakan, harus saling menghargai, menyatukan tujuan dan cita-cita keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia harus menjadi pemersatu seluruh elemen bangsa ini” tegasnya.

Untuk menyaksikan film pendek hasil karya prajurit-prajurit Buaya Putih ini, bisa dilihat di channel Youtube, Yonif Raider 323.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *