banjar_pajamben-5-008_0001-300x224 PARIWISATA BUDAYA  Bukit dan Lembah Pajamben Pesona Wisata Alam Kota Banjar

Hamparan Kota Banjar terlihat Indah dari puncak Bukit Pajamben, Foto Hermanto

Gapura Kota Banjar,-  Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Pariwisata  (Dishunkominfopar) Kota Banjar, Jawa Barat, melalui bidang Pariwisata melakukan peninjauan dilokasi  Bukit dan Lembah Pajamben yang terletak di Dusun Priagung blok Cijati Rt 9, Rw 4 Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar.

Pemerintah Kota Banjar berencana mengembangkan kawasan yang memiliki pesona alam cukup indah tersebut untuk dijadikan objek wisata alam yang bernuansa ilmiah atau pengembangan Ilmu pengetahuan alam.

Menurut Neneng Oprawati Kasi Pariwisata Dishubkominfopar kota Banjar mengatakan, tujuan dijadikannya sebagai objek wisata adalah untuk membangkitkan geliat pariwisata yang ada di Kota Banjar.

“Bukit dan lembah Pajamben ini rencananya akan dijadikan sebagai tempat atau objek wisata alam yang bernuansa  ilmiah,” Ungkap Neneng disela-sela peninjauan lokasi tersebut, Rabu (14/10/2014).

Neneng menambahkan, rencana pemkot Banjar akan menjadikan kawasan bukit dan lembah Pajamben tersebut menjadi  tempat wisata ilmiah, karena sejauh ini di Kota Banjar sangat minim tempat-tempat atau objek wisata untuk dijadikan daya tarik kunjungan wisata.

“Kota Banjar ini sampai sekarang masih minim lokasi atau objek yang bisa dijadikan tempat wisata, baik bernuansa hiburan maupun ilmiah”. ungkapnya.

Selain bukit dan lembah yang memiliki peson alam yang eksotis, tempat tersebut juga memiliki aura mistis yang cukup kuat, yaitu adanya sebuah air terjun dengan nama air terjun Sarjan, yang terletak di lembah Pajamben tersebut.

Menurut informasi yang berkembang dikalangan masyarakat sekitar, konon ditempat tersebut, terdapat makam leluhur  mereka dengan nama Mbah Jamben.

“jika ada yang berfoto ditempat tersebut, maka foto itu tidak akan pernah jadi, dan selalu hasilnya gelap”, Kata Ujang (41 ) salah seorang warga sekitar yang banyak memberikan penjelasan seputar kawasan tersebut.

Kawasan ini memang banyak menyimpan misteri namun juga menarik untuk dijadikan tempat kunjungan wisata.

“itukan hanya berdasarkan padacerita turun temurun disini saja, kenyataanya tidak demikian juga”. Paparnya.

Sementara itu, untuk memasuki ke lokasi air terjun tersebut, jaraknya cukup  lumayan jauh dan harus melewati semak  belukar, karena lokasi bukit tersebut masih terlihat masih  utuh belum banyak tersentuh.

Menurut Ujang,  uniknya lagi dikawasan tersebut, terdapat sebuah  Kampung yang penduduk nya hanya terdiri dari 26 Kepala Keluarga dan hanya terdiri dari satu RT saja.

“Kampung ini dikelilingi bukit Pajamben dan  Jaraknya sekitar  8 KM dari pusat Kota Banjar,  penduduk disini hidup damai dan tentram, mereka hidup dengan mengandalkan halang yang disadap dari pohon enau serta buah kelapa sebagai sumber kehidupan mereka”. Paparnya.

Syarif (50) Ketua RT setempat membenarkan kondisi warganya tersebut. Pihaknya juga menyambut baik dengan adanya  rencana Pemerintah Kota Banjar yang akan membengun kawasan tersebut sebagai salah satu objek wisata alam.

“Bagi kami sangat senang, kami akan menyambutnya dengan suka cita, karena hal ini akan menjadikan tempat kami menjadi bagian dari pusat keramaian,  Alahamdulillah jika benar tempat ini akan dijadikan tempat wisata alam,”Ungkapnya senang.

Syarif berharap,rencana pemerintah tersebut dapat secepatnya terwujud, karena kehadirannya  akan turut juga mempercepat kemajuan bagi warga dusun Cijati tempat mereka tingal selama ini.

Sementara itu, Kepala Desa Binangun Udung menuturkan, dirinya juga sangat setuju perencanaan yang telah  dicanangkan oleh  Pemerintah Kota Banjar.

“jika bukit ataupun lembah Pajamben dijadikan  objek wisata, bukan tidak mungkin tempat tersebut menjadi daya tarik wisata tersendiri,  khususnya bagi para pecinta wisata alam, karena pesona alamya yang masih perawan akan memiliki daya tarik tersendiri”. terangnya.

Udung meyakinkan jika tempat tersebut memiliki banyak kelebihan jika dijadikan objek wisata.

“dari puncak Pajamben, nantinya para wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat eksotis, karena  dapat melihat Kota Banjar dari ketinggian puncak tersebut”. Pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang