Pantai-Santolo-300x185 PARIWISATA BUDAYA  Nih Dia Wisata Pantai dan Gunung yang Dimiliki Kabupate Garut

Pantai Santolo, Foto istimewa

Gapura Wisata ,- Tempat-tempat berikut ini adalah Destinasi wisata unggulan di Garut yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata ini berupa pantai dan Gunung dengan wisata alam dan panorama yang indah dan mempesona

Wisata Pantai

Banyaknya Pantai yang berderet disepanjang pesisir selatan Jawa Barat membuat kawasan Garut Selatan sangat mempesona dan terlihat eksotis jika memandangi satu persatu karakteristik pantai dengan berbagai kelebihannya, sebut saja pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Gunung geder, Pantai Rancabuaya dan sejumlah pantai lainnya yang kondisinya hingga kini masih sangat perawan belum tersentuh kemewahan tangan manusia benar-benar bentukan alam.

Uniknya untuk mengakses pantai-pantai tersebut hanya membuuhkan waktu tempu 2,5 hingga 3 jam perjalanan dari pusat Kota Garut dan jarak satu pantai dengan pantai lainnya kini telah terhubung dengan jalan Raya jabar Selatan yang luas dan berhot mix yang mulus dan lebar, sehingga rata-rata dari satu pantai kepantai lainnya hanya butuh waktu setengah hingga satu jam perjalanan saja.

Wisata Gunung

Garut memiliki empat Gunung yang menarik bagi para wisatawan terutama penggemar hiking atau yang biasa melakukan pendakian.

gunung-guntur-garut PARIWISATA BUDAYA  Nih Dia Wisata Pantai dan Gunung yang Dimiliki Kabupate Garut

Gunung Guntur Garut, Foto Istimewa

Gunung Guntur

Gunung Guntur dengan ketinggian 2249 MDPL karakteristik gunung api yang masih aktif tersebut memiliki pesona menantang yang sepintas lalu akan sangat mudah ditaklukan, jika ingin ke curug Citiis yang berada pada lereng kaki Gunung Guntur hanya butuh waktu tempuh beberapa setengah hingga satu jam saja menggunakan kendaraan spesial adventur sudah bisa menikmati sejuknya udara Gunung Guntur yang sepintas gersang dan garang karena tidak banyak pepohonan rindang yang tumbuh diatas Gunung tersebut.

Masih aktifnya Gunung Guntur tersebut memberi suplemen luar biasa tehadap Kawasan wisata pemandian air panas yang berada tepat dibawah kaki Gunung Guntur tersebut. Karena suplai air panas alami tidak pernah surut dan berhenti memberikan manfaat untuk kesehatanbagi siapapun yang ingin berendam dengan air panas alami ini. Keungulannya air panas dikaki Gunung Guntur ini tidak mengeluarkan bau belerang yang menyengat seperti kebanyak air panas pegunungan lainnya.

puncak-darajt PARIWISATA BUDAYA  Nih Dia Wisata Pantai dan Gunung yang Dimiliki Kabupate Garut

gunung Darajat, Foto istimewa

Gunung Darajat

Gunung Berikutnya adalah Gunung Darajat di kecamatan Pasirwangi yang berada dikawasan barat Kota Garut dengan jarak temput sekitar satu hingga 1,5 jam perjalanan, kini sejumlah objek wisata pemandian air panas sudah berdiri megah berada dikawasan perbukitan dengan latar pemandangan atau sebaliknya panorama alam terbentang sejauh mata memandang dengan ujung pandangan menarik akan terpusat pada kepulan asap dari pusat pengolahan Panas Bumi area Gheotermal milik PT. Chevron Gheotermal Indonesia.

gunung-papandayan PARIWISATA BUDAYA  Nih Dia Wisata Pantai dan Gunung yang Dimiliki Kabupate Garut

Gunung Papandayan, foto Istimewa

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah gunung api dengan ketinggian 2.622 MDPL dengan kawah aktif yang senantiasa mengeluarkan kepulan asap putih semakin indah terlihat menjadi latar alami untuk berpose atau mengabadikan moment-moment indah dikawasan tersebut.
Tempat wisata Garut yang satu ini memiliki pesona pada panorama alamnya yang indah, kawah gunung, tempat berkemah atau Camping Ground yang menarik, serta berada dalam kawasan Taman Wisata Alam yang senantiasa mengedepankan kawasan hijau Konservasi alam.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain trekking, hiking, fotografi, hingga rekreasi hutan.Bagi Anda yang berjiwa petualang sangat cocok mencoba menjelajahi kawasan wisata alam dengan menembus hutan sejauh mata memandang, tentu saja diperlukan Guide atau pemandu yang benar-benar telah menguasai medan agar nyaman dan tidak tersesat disana.

Gunung Papandayan ini terletak di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Garut, hanya berjarak sekitar 24 km dari pusat kota Garut. Di kawasan Taman Wisata Alam ini, terdapat juga sebuah cagar alam yang diperuntukkan bagi kepentingan penelitian flora dan fauna dan telah banyak yang melakukan study dari berbagai universitas kenamaan dalam dan luar negeri yang melakukan riset dan lainnya.

cikuray-300x201 PARIWISATA BUDAYA  Nih Dia Wisata Pantai dan Gunung yang Dimiliki Kabupate Garut

Gunung Cikuray, Foto Istimewa

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung yang terdapat di Kabupaten Garut dengan wilayah admistratif masuk sebagian wilayah Kecamatan cilawu dan sebagian masuk pada wilayah kecamatan Cigedug dan Cikajang Garut.

Memiliki ketinggian 2821 MDPL yang merupakan tanah tertinggi di kabupaten yang terkenal dengan julukan Swiss Van Java ini. Bentuk Gunung yang kerucut teramat sangat menantang jika ditatap jauh dari kawasan pusat kota Garut .

Bagi pemilik darah petualang tampilan gunung yang ayu namun sangar jika diterjang dengan sembarangan pendakian akan membuat denyut nadi seakan ingin segera menyambanginya. Menariknya hapiir disepanjang jalur menuju Trek awal pendakian hampran perkebunan teh yang hijau terpapar ibarat permadani terbentang benar-benar memanjakan sejauh mata memandang.

Trek awal pendakian Gunung Cikuray bisa dimulai dari pos Pemancar milik sejumlah pemancar stasun televisi swasta nasional yang ada di bukit dikelilingi perkebunan teh di daerah Cilawu, Garut.

Jika menggunakan kendaraan standar adventure jarak tepuh dari pusat kota Garut hingga ke Pos pemacar untuk treka awal pendakian hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar satu sampai 2 jam perjalanan saja.

talaga-bodas-300x150 PARIWISATA BUDAYA  Nih Dia Wisata Pantai dan Gunung yang Dimiliki Kabupate Garut

Talaga Bodas, Foto istimewa

Gunung Talaga Bodas

Di Gunung dengan diketinggian 1512 MDPL, salah satunya adalah Kawah Putih Talaga Bodas yang berarti danau putih, dimana kawah tersebut sepintas akan terlhat seperti hamparan putih menyerupai lautan kapur dengan sedikit aroma belerang akan sering menggoda hidung kita, namun lagi-lagi aroma hutan dengan wangi pepohonan akan segera meniupnya dan menyampu aroma kurang sedap tersebut terlebih hembusan angin spoi yang sejuk selalu memanjakan para pengunjungnya.

Di tempat wisata Garut ini, pengunjung akan merasakan udara pegunungan yang begitu segar, menyaksikan perbukitan hijau yang sungguh mempesona, dengan kicauan burung dan binatang kecil bersuara nyaring menambah harmoni membuat denyut jantung semakin betah dan ingin berlama-lama menyatu dengan alam disana.

Beberapa kegiatan yang menarik dilakukan selain menikmati panorama alam adalah berendam air panas, sebab tersedia sejumlah bak rendam air panas yang dapat Anda nikmati. Air panas dengan kadar belerang yang tinggi akan berkhasiat mengobati sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah. Kawah Talaga Bodas kini semakin mudah dijangkau karena jaur menuju lokasi sudah beraspal hotmix yang mudah digunakan berbagai jenis kendaraan yang ada saat ini.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang