Pantai-Santolo-300x185 PARIWISATA BUDAYA  Liburan di Pantai Selatan Garut, Dilarang Berenang

Pantai Santolo, Foto istimewa

Gapura Garut ,- Pihak Badan Penanggulangan Bencana Nasional Daerah ( BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat menghibau wisatawan yang akan merayakan pergantian tahun di pesisir pantai selatan Kabupaten Garut, untuk senantiasa berhati-hati dan tidak memaksa berenang demi keselamatan para wisatawan.

Larangan aktivitas berenang di sepanjang pantai pun telah dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menyusul buruknya cuaca di kawasan itu sejak beberapa bulan terakhir.

“Bagi masyarakat yang berlibur ke wilayah Garut jangan berenang di sepanjang pantai. Tingkatkan kewaspadaan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dikdik Hendrajaya, Senin (29/12/2014).

Selain menghimbau untuk tidak berenang dipantai Garut Selatan, BPBD Kabupaten Garut juga memberikan imbauan serupa kepada wisatawan yang berencana untuk mengunjungi dua gunung api aktif, yakni Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong dan Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.

“Sebelum berwisata ke alam bebas seperti pegunungan, pastikan kondisi fisik sehat. Dan jangan mendekati kawah seperti Gunung Papandayan dan Guntur, karena dua gunung api itu masih aktif,” ujarnya.

Terpisah, Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut, Janur Muhammad Bagus, menjelaskan, rawannya wilayah Garut oleh sejumlah bencana tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung. Hingga kini, jumlah wisatawan yang datang ke beberapa objek wisata masih normal dan cenderung meningkat.

“Memang sebelumnya ada beberapa kekhawatiran dari teman-teman pengusaha di dunia pariwisata. Banyaknya bencana yang pernah terjadi belum lama ini seperti longsor, banjir, angin puting beliung, adanya gunung aktif, dan lainnya bisa membuat tren wisata menurun. Namun rupanya itu tidak terjadi. Semua masih normal dan cenderung terjadi peningkatan seperti akhir tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Dalam pemantauan dilapangan sejumlah objek wisata yang berada diwilayah Kabupaten Garut terpantau masih dipadati pengunjung terutama saat liburan natal kemarin. Padatnya pengunjung terlihat dikawasan wisata Darajat Kecamatan Pasirwangi serta kawasan wisata Cipanas Tarogong serta sejumlah gerai dan outlet oleh-oleh Khas Garut juga terus dibanjiri pengunjung yang hendak berbelanja makanan oleh-oleh Garut.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang