P_20150215_102022-300x168 PARIWISATA BUDAYA  Ketangkasan Domba Garut, Meriahkan HUT Kota Banjar

Pentas ketangkasan Domba Garut saat meriahkan hari Jadi Kota Banjar, foto hermanto

Gapura Kota Banjar – Paguyuban Domba Kota Banjar dan pengelola Situ Mustika, sukses menggelar seni ketangkasan Domba Garut di areal wana Situ Mustika, Minggu (15/2/2015).

Peserta dalam kegiatan itu, mencapai 350 ekor domba, namun yang mengikuti di arena hanya 200 domba. Mereka datang dari wilayah Priangan Timur diantaranya, Garut Tasikmalaya, Ciamis, Bandung, bahkan Majalengka dan Kuningan.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Walikota Banjar Darmadji Prawirasetya itu, dalam  rangkaian kegiatan memperingati hari jadi Kota Banjar yang ke 12. Darmadji menuturkan bahwa kegiatan ketangkasan domba ini, merupakan seni dan menjadi tradisi daerah warisan leluhur yang tentunya harus dilestarikan oleh warga Jawa Barat.

“Dalam acara ini selain menjadi ajang silaturahmi, juga sebagai upaya untuk melestarikan seni dan tradisi daerah, karena domba Garut ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan domba pada umumnya,”Kata Dramadji.

Sementara itu, Apandi Sohib selaku ketua panitia menuturkan, tujuan dari seni ketangkasan domba ini adalah memeriahkan hari jadi kota Banjar, dan ini pun merupakan hiburan para peternak domba Garut untuk memotifasi para peternak domba adu.

“Selain memperingati hari jadi Kota Banjar, kegiatan ini juga merupakan hiburan para peternak domba tangkas, serta untuk memotivasi para peternak domba, sehingga domba yang ditampilkan jika bagus tentunya kan memiliki nilai jual yang lebih mahal,”tuturnya.

Apandi menambahkan, dalam temu kegiatan tersebut, selain mempertunjukan ketangkasan Domba, juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi sesama pecinta domba tangkas. ***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang