PARIWISATA BUDAYA

Helaran Seni Budaya Meriahkan HUT Kota Banjar Ke 12

badawang seni

Gapura Kota Banjar ,- Helaran seni dan Budaya Kota Banjar digelar meriah dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota banjar yang ke 12 tahun 2015.

Hadir  seluruh unsur muspida Kota Banjar, para kepala SKPD, para anggota Dewan, serta tamu undangan dan masyarakt umum lainnya yang tumpah ruah memenuhi pinggir jalan yang menjadi lokasi helaran.

Sejak minggu pagi (22/2/2015) Jalan Mayjen Didi Kartasasmita Kota Banjar, yang menjadi pusat dari kegiatan helaran tersebut sudah dipadati peserta dan penonton. Sekitar 25 kelompok seni  ikuti sebagai peserta dari desa dan kelurahan.

Iring-iringan peserta menyuguhkan berbagai kesenian dan atraksi yang ditampilkan oleh para pelaku seni baik dari desa maupun Kelurahan di Kota Banjar, menarik ribuan warga yang tumpah ruah turun memadati pinggir jalan sepanjang rute yang dilewati iring-iringan peserta helaran.

Sejumlah atraksi kesenian seperti seni Badawang, manuk Janur, sisingaan, dan berbagai kesenian lainnya. Selain itu juga dipamerkan berbagai produk olahan makanan khas masing-masing desa dan keluarahan.

“Ini sangat menghibur, selain itu saya pun jadi tahu apa saja yang menjadi unggulan produk atau seni unggulan dari masing-masing desa maupun kelurahan,”Kata Elan Ramlan warga Sumanding Wetan Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar.

Kepala Seksi  Seni dan Film Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar Aco Karso yang juga ketua pelaksana helaran mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan karya dan kreasi seni yang ada di Kota Banjar serta menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk untuk meningkatkan kreasi seni, selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya kita,”paparnya.

Sementara itu, Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih menyampaikan ucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung kegiatan  sehingga helaran seni dan Budaya tersebut dapat terselenggara dengan lancar.

“Saya mengucapkan  terimakasih banyak atas dukungan dari semua elemen masyarakat Kota Banjar. Dimana dengan modal kebersamaan anatara pemerintah dan masyarakat, kini Kota Banjar menginjak usia ke 12 tahun, walaupun usianya masih terbilang muda, namun Kota Banjar berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, baik di tingkat provinsi maupun Nasional,”ucapnya.

Ade  manambahkan, semua raihan prestasi ini, semakin menegaskan eksistensi Kota Banjar dimana telah mampu sejajar dengan kota atau daerah lainnya kususnya di Jawa Barat.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *