DSC0960-300x201 PARIWISATA BUDAYA  Para Kepala Desa Kompak, Mahir memainkan Rampak Kendang

Penampilan Rampak Kendang oleh Para Kepala Desa se Kota Banjar, Minggu (22/2/2015) foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Dalam memeriahkan HUT Kota Banjar yang ke 12, seluruh kepala desa menampilkan atraksi rampak kendang, pada kegiatan helaran seni yang digelar di Jalan Mayjen Didi Kartasasmita, Minggu (22/2/2015). Para kepala Desa yang tergabung dalam FKD (forum kepala desa) kota Banjar semuanya berjumlah 16 orang.

Ani Sumarna Kepala Desa Batulawang sekaligus pelatih rampak kendang itu menuturkan, bahwa para kepala desa ini berlatih hanya tiga hari. Namun, meski hanya tiga hari, mereka memperlihatkan keseriusannya, sehingga pada saat tampil sangat luar biasa, dan kompak.

“Kami hanya latihan tiga hari, dan hasilnya cukup memuaskan,”Ungkapnya .

Ani menambahkan, kesenian sunda rampak kendang belakangan ini mulai ditinggalkan oleh para kaum muda. Dan  kini bisa kembali ditampilkan ditengah-tengah masyarakat. Selain itu, meskipun usianya sudah pada sepuh, namun para kepala desa ini mahir dan paham pada setiap ketuk dan irama hentakan kendang.

“Rampak kendang ini adalah kreasi seni musik tradisional sunda yang dimainkan secara bersama, sehingga saat ditabuh, akan menimbulkan suara keras yang khas,”imbuhnya.

Ani berharap kesenian rampak kendang ini dapat terus dilestarikan, sehingga tidak ditinggalkan oleh para kaum muda.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang