PARIWISATA BUDAYA

Dishub Garut Segera Imbangi Perkembangan Pariwisata Pantai Garsel

Pantai Cicalobak Garut

Gapura Garut ,- Pengembangan pariwisata di wilayah pantai Garut selatan khususnya di objek wisata pantai Rancabuaya Kecamatan Caringin yang rencananya akan dijadikan pusat atau Sentra pariwisata Jawa Barat pada 2016 mendatang.

Rencana tersebut secara otomatis nantinya akan memberikan dampak positif terhadap keberadaan aktivitas angkutan umum yang diperkirakan terus berkembang pesat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Garut Wahyudijaya, pihaknya sudah mencoba untuk mengankomodir dan memperhitungkan terkait rencana pengembangan wisata di wilayah pantai Garut selatan tersebut.

“Kita akan mengoptimalkan fungsi kelembagaan, yang ada diwilayah setempat, yaitu  UPTD Perhubungan darat juga perhubungaan laut dan angkutan sungai, untuk merespon rencana pengembangan kawasan wisata tersebur”. Kata Wahyu, Rabu (11/3/2015).

Wahyu menambahkan, seiring dengan pengembangan pariwisata di wilayah Garut selatan tesebut, sedikitnya ada lima Kabupaten yang akan terhubung yakni kabupaten Ciamis, Tasik, Garut, Bandung, Cianjur dan Sukabumi.

“Untuk menghubungkannya, sebelumnya sudah pernah beroperasi 8 unit kendaraan bus dari Perusahaan otobus Budiman yang melintas di Garut Selatan, namun belakangan ini karena berdasarkan pertimbangan segmentasi pasar kurang memungkinkan maka ke 8 unit PO budiman trersebut kini tidak beroperasi lagi”.Imbuhnya.

Wahyu memastikan dengan dibangunnya jalur yang menghubungkan Cukul Rancabuaya Garut sepanjang 21 KM telah semakin mempermudah akses transfortasi umum baik AKAP maupun  AKDP diwilayah setempat.

“Kami telah bekerjasama dengan Organda untuk mengoptimalkan kendaraan rintisian sebelumnya yang bisa menjangkau objek-objek pariwisata yang ada diwilayah pantai Garut selatan”. Ucapnya.***Irwan Rudiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *