PARIWISATA BUDAYA

Iiih Kereen…Lokasi Wisata di Garut Ini Mirip Perkampungan di Bali

Kampung Bali

Gapura Wisata ,- Ini referensi baru bagi para pecinta lokasi yang eksotik dan menarik untuk dikunjungi saat menghabiskan hari libur di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Disamping sejumlah  destinasi wisata yang telah lama ada dan terus dikembangkan, ternyata Kabupaten Garut juga mempunyai lokasi wisata baru yang layak untuk anda kunjungi.

Tentu saja lokasi ini juga menjual keindahan panorama alam dideretan Garut utara tepatnya di Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Pemilik lokasi yang satu ini sengaja membangun sebuah kawasan yang mirip dengan perkampungan di Pulau Dewata, Bali.

Berbagai ornamen yang banyak terlihat dan mudah dijumpai di berbagai penjuru pulai Bali, maka nampak kontrak terlihat juga diwahana wisata  Kampung Bali Cibunar Garut tersebut.

Wahana wisata bergaya arsitektur Bali trsebut memang sengaja didirikan oleh KRAT. Ki. H. Derajat Hadiningrat karena kecintaannya terhadap budaya nusantara.

Derajat Hadiningrat memberikan nama yang mirip perkampungan di Bali tersebut dengan sebutan Pasulukan Loka Gandasasmita. Namun kemiripannya  dengan perkampungan di Bali, maka wahana wisata tersebut disebut lebih banyak di kenal warga sekitar dengan Kampung Bali.

“Mungkin karena bentuk bangunan sangat mirip dengan bangunan di Bali, maka tempat ini disebut Kampung Bali,”Kata Dodi salah seorang pengelola Wisata Budaya Pasulukan Loka Gandasasmita, saat ditemui baru-baru ini.

Menurut Dodi, pihaknya menyediakan banyak hal yang bermanfaat bagi para pengunjung yang datang ke wahana keraton dan wisata budaya Pasulukan Loka Gandasasmita karena akan disuguhkan juga  wawasan terkait dengan sejarah untuk pengetahuan.

Adapun sejumlah bangunan yang ada di Kampung Bali telah diberi sebutan tersendiri sesuai dengan sejarah asal muasalnya bentuk bangunan tersebut, seperti Keraton Pendhapi Kyai Ageng Adhiyaksa, Pendhapi Kaputren, Pendhapi Kyai Ageng Kismantoro, Pendhapi Kyai Agung Kanjeng Kyai Widoro Kandang, Pendhapi Sang Prabu Kencana Wulung, Pendhapi Kepatihan, dan Graha Liman Kencana.

“Di dalam kawasan ini ada banyak bangunan menyerupai kraton yang bisa dikunjungi setiap saat,” ungkapnya.

Pihak pengelola wahana wisata ini juga menyediakan bangunan yang berisi yang koleksi ribuan keris dan benda-benda pusaka lainnya seperti Keris Ken Dedes, Kujang Prabu Siliwangi, dan senjata yang digenggam Patih Gadjah Mada saat mengucapkan Sumpah Palapa.

Selain itu, juga terdapat beberapa senjata pusaka milik Kerajaan Malaysia dan ribuan senjata lainnya, serta Al Qur’an yang dibuat oleh tulisan tangan Sunan Gunung Djati.

“Seluruh bangunan yang ada di kampung ini berasal dari kiriman  atau didatangkan dari Keraton Surakarta,”Paparnya.

Dodi menambahkan, pihaknya juga  menyediakan tempat untuk  sarana bermain anak-anak, wisata cagar alam melalui tanaman bunga dalam pot serta lokasi lokasi wisata edukasi dengan sarana yang cukup memadai

“Kami mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau, jadi jika rindu suasana perkampungan di Bali atau suasana keraton silahkan saja untuk datang di wahana wisata kami”. Pungkasnya.

Memang benar-untuk sekedar referensi lokasi wisata,  anda bisa datang langsung mengunjunginya, suasana perkampungan yang asri dan senjuk akan memanjakan ada saat berada dan berlama-lama di lokasi wisata ini.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *