erweres-225x300 PARIWISATA BUDAYA  Cikelet Gelar Festival Cipasarangan "Ngubek Leuwi" dan "Kontes Beubegig"
Gapura Garut,- Merayakan hari raya lebaran bagi warga Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, Jawa Barat, ternyata tidak hanya menggelar solat Ied kemudian dilanjutkan dengan bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan saja.
Ada sebuah event menarik yang telah rutin digelar oleh warga setempat dalam lima tahun terakhir ini yaitu Festival Cipasarangan. Festival ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan setiap setahun sekali dengan mengusung dan menyajikan  pentas seni budaya serta berbagai keaifan lokal yang tumbuh dan berkembang diwilayah kecamatan Cikelet.
Festival Seni dan Budaya Cikelet ini dinamai Festival Cipasarangan, dimana nama Cipasanggrahan adalah nama sebuah sungai yang melintasi Kecamatan Ckelat yang secara kebetulan kegiatan festival seni dan budaya ini sendiri digelar didekat sungai tersebut.
“Warga Cikelet memang telah menjadikan sungai Pasarangan sebagai Icon dari daerahnya karena memang sungai yang paling strategis karena melintasi atau membelah kecamatn Cikelet ini”, kata Sarip Iip, Ketua panitia kegiatan tersebut dalam rilisnya, Minggu (19/7/2015).
Menurutnya, penyelenggaranakn kali ini merupakan yang kelima kalinya dimana kegiatan unggulan yang paling dinantikan oleh warga sekitar adalah kegiatan “Ngubek Leuwi” yang berada dialiran sungai Cipasarangan.
“Ini tahun kelima kita menyekengarakan festival seni dan budaya, selain menampilkan berbagai kreatiftas seni dan budaya Khas kecamatan Cikelet  seperti “Kontes Beubegig”, juga berbagai cara hiburan seperti tradisi “ngubek leuwi” dan acara seru lainnya juga digelar disini”, Ungkapnya.
Tujuan kami dengan kegiatan ini lanjut Sarip, adalah untuk melestarikan agar seni dan budaya yang ada di Kecamatan Cikelet tidak punah.
“Kami menginginkan agar tradisi dari warga masyarakat Cikelet tetap terjaga dan utuh menjadi sebuah kekuatan budaya yang bernilai jual sebagai kekayaan masyarakat Cikelet sendiri, oleh karenannya kegiatan ini sediri murni dari swadaya masyarakat Cikelet baik pembiayaan maupun kebutuhan kabutuhan lainnya”, Imbuhnya
Satip menambahkan, tahun  ini acara akan dihadiri langsung Bupati Garut Rudy Gunawan serta Ketua DPRD Garut Ade Ginanjar dan para tokoh Budaya seperti HM. Usep Romli serta sejumlah tamu undangan lainnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang