IMG_0824b_zps6fe2a8fb-300x200 PARIWISATA BUDAYA  Garut Siap Kembangkan Beberapa Kawasan Hutan Menjadi Objek Wisata Alam

Kawasan Hutan Sancang, Garut, Foto Istimewa

Gapura Pariwisata ,- Sejumlah kawasan hutan Kabupaten Garut berpotensi menjadi kawasan wisata alam yang indah dan menarik bagi para wsiatawan. Sedikitnya ada empat kawasan hutan yang dapat dijadikan objek wisata alam, masing-masing Kawasan Hutan Gunung Papandayan kecamatan Cisurupan, Hutan Gunung Talaga Bodas Kecamatan Pangatikan,  Hutan Gunung Guntur di Kecamatan tarogong Kaler serta hutan Gunung Kamojang di Kecamatan Samarang.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Garut Sutarman,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut segera mengembangkan empat kawasan hutan tersebut menjadi objek wisata alam.

“Alasan kami sangat sederhana karena potensi kawasan hutan yang ada diwilayah Kabupaten Garut memang memiliki daya tarik yang unggul untuk dikunjungi para wisatawan”, Kata Sutarman kepada wartawan baru-baru ini

Sutarman memastikan jika rencana tersebut benar-benar terwujud maka pengembangan wisata alam berbasis hutan tersebut harus benar-benar dikelola dengan management profesional agar benar-benar menghasilkan manfaat yang signifikan bagi peningkatan ekonomi masyara sekitarnya.

“Rencananya pengembangan wisata alam tersebut akan melibatkan Perum Perhutani dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah V Jawa Barat karena  kedua instansi ini yang memiliki kewenangan dalam mengelola hutan dikawasan potensi tersebut”, Ungkapnya.

Sutarman menambahkan, objek wisata hutan yang akan dikembangkan tersebut seluruhnya akan disesuaikan dengan situasi hutan bersangkutan misalnya wisata berkemah dan petualangan didalam hutan.

“Objek wisata berbasis hutan  tersebut direncanakan sebagai bagian dari upaya menjaga dan melestarikan hutan sekaligus mengawasi dari aksi perambahan hutan secara liar dan membabi buta”Pungkasnya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang