20151227_154621-300x169 PARIWISATA BUDAYA  Pengunjung Taman Wisata Alam Talaga Bodas Terus Meningkat

Ade Samsuri, Pengelola TWA Talaga Bodas, Kepala Resort Hutan Konservasi Talaga Bodas, foto jmb

Gapura Pariwisata ,- Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodasa di kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut, Jawa Barat mengakui jumlah pengunjung ke objek wisata alam yang berada dibawah pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar III Wilayah V Kabupaten Garut terus mengalami peningkatan cukup signifikan pada musim libur panjang ini.

Meskipun para pengunjung masih didominasi masyarakat sekitar, namun tidak sedikit warga dari sejumlah kota lain seperti Bandung dan Tasikmalaya mulai mendatangi objek wisata tersebut.

“Memang dominasi pengunjung kita disini masih masyarakat sekitar tetapi ada juga beberapa pengunjung yang mengakui berasal dari beberapa kota lain seperti Bandung dan Jakarta, mungkin karena banyak dibantu ekspos oleh teman-teman media sehingga mereka juga menjadi penasaran untuk datang kesini”, Kata Ade Samsuri, pengelola yang juga Kepala Resort Hutan Konservasi Talaga Bodas saat ditemui, Minggu (27/12/2015).

Menurut Ade, sejauh ini dari sisi ojek wisata diakui para pengunjung cukup bagus dan eksotik untuk wisata fotografi dan menikmati sejuknya udara dengan panorama yang indah, namun karena akses jalan yang kini sebagaian sudah mulai rusak kembali menjadi keluhan para pengunjung.

“Para pengunjung rata-rata mengeluhkan akses jalan yang menuju kesini yang kondisinya sebagian besar sudah mulai rusak lagi sehingga perlu diperbaiki segera karena minat pengunjung terus meningkat”, Ungkapnya.

Ade menambahkan, jika infrastruktur penunjang lain dapat terus ditingkatkan pihaknya optimis target Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBJ) yang dibebankan ke institusinya dapat terpenuhi seiring dengan semakin banyaknya pengunjung yang mau datang ke lokasi wisata yang mengandalkan kawah berwarna putih tersebut.

“Kami memang ada beban yang harus dipenuhi dari restribusi untuk pemasukan negara bukan pajak, namun demikian dengan kawasan ini dibuka untuk kegiatan wisata geliat ekonomi masyarakat sekitar mulai terbangun seperti gariah para pedagang, angkutan lokal menuju lokasi semuanya sudah mulai menghasilkan uang”, Turutnya.

Sementara itu, menurut Dewi salah seorang pengunjung asal Tasikmalaya mengatakan dirinya memilih Talaga Bodas untuk bewisata kerena pemandangannya yang indah serta sejuk dan masih alami.

“Tempatnya indah, alami dan menarik untuk foto-foto tetapi kalau boleh usul diperbanyak selter untuk tempat istirahatnya agar makin nyaman dan tetap dijaga kersihannya”. Ujarnya.

Dewi bersama ratusan pengujung Wisata alam Talaga Bodas mengakui keindahan panorama dilokasi tersebut, hanya saja perlu juga lebih diperhatikan kesadara wisata dari masyarakat sekitar terutama para pedagang dan ojek yang berada disekitar lokasi untuk menjaga kesopanan dan  senantiasa ramah pada para pengunjungnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang