DSC_0179-300x199 PARIWISATA BUDAYA  Ragam Seni dan Budaya Garut Sangat Unik dan Memikat

seni dan budaya di garut

Gapura Garut , – Potensi Kabupaten  Garut  sejauh ini termasuk yang sangat lengkap jika dibandingkan dengan daerah Kabupaten/Kota lain di Jawa Barat.

Garut tidak hanya memiliki potensi sumber  daya alam seperti panas bumi dan aneka sumber tambang, namun Garut juga memiliki berbagai ragam potensi seni dan budaya tradisional yang sangat potensial menjadi daya tarik wisata.

Menurut Cecep SR, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut dari 42 kecamatan yang ada hampir merata seluruhnya memliki potensi seni tradisional.

“Dari sebanyak itu yang sudah  tereksplor kepermukaan baru sekitar 22 kecamatan, dan kami targetkan  pada tahun 2017 seluruh potensi seni budaya tradisional yang redup dan hampit punah bisa tergali kembali”, Kata Cecep kepada wartawan baru-baru ini.

Cecep menambahkan,  sejauh ini kesenian trasisional yang sudah populer dan kembali  terangkat eksistensinya antara lain seni Lais, Bangreng termasuk prosesi ritual kawin cai.

“Kesrnian seperti Lais dan Bangreng kini sudah mulai kembali populer dikalangan masyarakat”, ungkapnya.

Sementara itu terkait strategi pemasaran untuk terus mengembangkan potensi seni tradisional terseut,  pemkab Garut melalui Disparbud telah melakukan berbagai upaya takhtis.

“Kami lakukan kolaborasi antara potesi objek wisata Garut dengan kegiatan seni tardisional yang saat ini kerap ditampilkan diberbgai event termasuk di Hari Jadi Garut”, tegasnya.

Berdasarkan evaluasi dan masukan berbagai kalangan, lanjut Cecep ternyata potensi seni tradisional yang ada di Garut memiliki keunikan tersendiri sehingga berhasil memikat pengunjung atau wisatawan dari berbgai daerah bahkan mancanegara.***Irwan Rudiawan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang