Dasep Bandrusalam, pengiat Nyaneut festival di kecamatan Cigedug Garut, foto dok

Dasep Bandrusalam, pengiat Nyaneut festival di kecamatan Cigedug Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Sosok muda penggiat budaya “Nyaneut”, di Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut, Dasep Badrussalam masuk seleksi nominasi penerima Anugerah Inovasi Jawa Barat 2016 beserta sejumlah peserta lainnya untuk berbagai kategori.

“Saya lolos tahap verifikasi administrasi dan tadi baru selesai pemaparan dihadapan tim penilai di Gedung Sate Bandung”, Kata Dasep, Jumat (24/6/2016).

Menurut Dasep keunggulan dari Budaya Nyaneut yang ia populerkan lewat kemasan pentas seni dan budaya karena adanya kesesuaian fakta sejarah dengan bukti-bukti yang masih menjadi cerita turun temurun dikalangan masyarakat Cigedug.

“Ini kan berbicara sejarah, berbicara perjalanan nenek moyang kami di kecamatan Cigedug, dimana tradisi Nyaneut adalah tradisi yang sangat kaya dengan edukasi dan menghargai nilai-nilai yang diisyaratkan alam”, Ungkapnya.

Dasep menjelasakn, Budaya Nyaneut yang terus ia populerkan kini telah menjadi salah satu agenda budaya yang mulai banyak mendapatkan respon postif padahal sebelumnya lama tertidur karena hanya tinggal cerita dari mulut kemulut.

“Padahal tradisi minum teh bagian dari Nyaneut sampai saat ini masih menjadi kebiasaan favorite warga perkampungan terlebih bagi warga yang tinggal dilereng gunung dan perkebunan, akan tetapi mereka sepertnya lupa bahwa itu bagian dari tradisi nenek moyang yang syarat dengan pesan-pesan moral”, Tuturnya.

Masuk dalam penilaian Anugera Inovasi Jabar 2016 lanjut Dasep tidak terlalu berharap untuk memenanginya, namun setidaknya tradisi yang telah lama tidur tidak pernah ada penampakannya kini bangkit kembali dan ternyata luar biasa.

“Jika menang kami bersyukur, kalaupun tidak saya bangga bahwa Nyaneut memang tradisi di Kabupaten Garut yang layak dikembangkan untuk melestarikan fakta sejarah agar tidak terputus”, Tandasnya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com