Ini penampakan Curug Ngebul yang berada dikawan hutan Sukanegla Kecamatan Garut Kota, foto Marnoto

Ini penampakan Curug Ngebul yang berada dikawan hutan Sukanegla Kecamatan Garut Kota, foto Marnoto

Gapura Pariwisata ,- Keindahan alam Kabupaten Garut sepertinya semakin lengkap dengan salah satu daya tarik wisata yang berada masih dikawasan wilayah Kecamatan Garut Kota tepatnya di Keluarahan Sukanegla.

Dilokasi tersebut sudah lama menyimpan panorama alam yang indah namun belum banyak dikunjungi orang karena sebelumnya berada dikawasan hutan tertutup dan baru beberapa tahun terakhir ini mulai dibuka sebagai objek tujuan wisata.

Salah satu daya tarik dikawasan ini adalah pemandangan air terjung yang warga sekitar lokasi menyebutnya sebagai Curug Ngebul atau Curug Karacak. Disebut Curug ngebul karena air terjun tersebut seperti menunjukan uap yang menyerupai asap memutih jika debit air sedang besar. Ngebul adalah bahasa sunda yang berati menguap atau membumbung.

Suasana alam disekitar objek wiata ini benar-benar masih asri ditambah dengan adanya pemandangan air terjun serta kelengkapan lainnya yang kini telah dilengkapi menjadi lokasi yang eksotic untuk menikmati suasana sejuk nan asri dataran tinggi, bahkan untuk camping sekalipun akan sangat menyenangkan.

Menurut Yusuf salah satu  pengelola kawasan tersebut menyebutkan semenjak kawasan tersebut mulai dilakukan penataan,  pengunjung terus ramai berdatangan bukan hanya datang dari Kota Garut saja, akan tetapi dari luar kota Garut juga banyak karena penasaran ingin menikmati panorama alam kawasan ini.

“Ada tamu yang datang Bandung, Bekasi, Karawang bahkan pernah ada tamu dari Kupang serta Plembang juga”, Kata Yusuf saat ditemui Jumat, (12/8/2016).

Yusuf mengatakan antusias para pengunjung bukan hanya saja di akhir pekan akan tetapi hari-hari biasa juga mulai banyak yang datang untuk melepas lelah sambil menikmati udara sejuk dengan beranekan makanan yang mereka bawa sendiri.

“Kami juga menyediakan tempat untuk camping dengan kapasitas hingga 200 orang lebih, jadi bagi wisatawan yang ingin menginap kami juga menyewakan tenda dan peralatan campig lainnya,” ujarnya.

Sementara  untuk tiket masuk ke kawasan air terjun atau Curug Ngebul hanya dikenakan Rp. 10.000 untuk dewasa dan anak-anak hanya Rp. 5.000 saja. Sedangkan untuk camping dikenakan biaya 15.000 cukup satu kali bayar.

Ayo siapapun anda yang penasaran dengan indahnya panorama alam disekitar Curug Ngebul tinggal mendatanginya dengan jarak tempuh  yang tidak terlalu jauh dan dapat dijangkau dengan menggunakan roda empat maupun roda dua.***Marnoto

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com