Sule-lele-283x300 PARIWISATA BUDAYA  Komedian Sule, Didaulat Jadi Duta Budaya Kabupaten Bandung

Sule Berpoto bersama Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Naser, foto istimewa

Gapura Seleberita ,- Sosok Entis Sutisna atau lebih dikenal Sule, Komedian asal Cimahi, Bandung, Jawa Barat resmi didaulat menjadi duta Kebudayaan Kabupaten Bandung untuk membantu pemerintah setempat dalam melestarikan dan melestarikan potensi Budaya.

”Saya akan lakukan apa yang saya bisa supaya berbagai potensi budaya dan ekonomi Kabupaten Bandung bisa lebih berkembang lagi, Meski lahir di Cimahi, saya lama bermukim di wilayah Kabupaten Bandung,” Kata  Sule saat  menghadiri acara soft launching Gelora Budaya si Jalak Harupat (GSJ), Sabtu (20/8/16) malam.

Berdasarkan pengakuannya, Ia  awalnya menetap dan tinggal di Cicalengka. Kemudian pindah ke Cileunyi, sebelum akhirnya pindah dan kini menetap di Jakarta.

Sule yang melejit namanya lewat acara opera van java disalah satu stasiun televisi swasta tanah air, mengakui senang saat saat diminta untuk menjadi Duta Budaya Kabupaten Bandung.

“Kabupaten Bandung memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan ditingkat nasional karena dari  Kabupaten Bandung juga lahir tokoh wayang tingkat dunia yaitu almarhum Asep Sunandar Sunarya,” Tuturnya.

Menurutnya, Kabupaten Bandung juga memiliki berbagai kesenian khas Sunda, hingga potensi ekonomi seperti teh, kopi dan banyak lagi lainnya yang cukup membanggakan jika terus diolah dan dikelola dengan benar.

“Kini Kabupaten Bandung juga memiliki Gedong Budaya Sabilulungan, Puseur Elmu dan Bale Rame. Ini bisa jadi salah satu sarana pendukung untuk seniman terus berkarya dan mengembangkan budaya,”Papar Sule bersemangat.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bandung Dadang M Naser mengaku sangat gembira ketika Sule bersedia dinobatkan sebagai Duta Budaya Kabupaten Bandung. Sebagai simbol penobatannya Dadang memakaikan  Sule iket Sabilulungan, serta mengajaknya meninjau sarana yang ada di Gedong Budaya Sabilulungan.

Dipilihnya Sule untuk menjadi Duta Budaya Kabupaten Bandung, Lanjut Dadang karena sosok  Sule merupakan sosok enterpreneur yang tidak melepaskan jati diri kesundaan.

”Dalam berbagai kesempatan lawakannya, Sule selalu membawa identitas Sunda. Dan Kabupaten Bandung merupakan salah satu puseur budaya kesundaan di Jawa Barat,” Ungkap Dadang

Dalam kapasitasnya sebagai Duta Budaya Kabupaten Bandung, Sule diharapkan dapat membantu  mempromosikan berbagai potensi budaya sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bandung.

“Misalnya memperkenalkan budaya dan kesenian di Kabupaten Bandung, nantinya secara otomatis  Gedong Budaya Sabilulungan dapat menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Termasuk kawasan Puseur Olahraga si Jalak Harupat pun dapat dipromosikan sehingga bisa menjadi lokasi pertandingan-pertandingan tingkat nasional,” Tandasnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang