PARIWISATA BUDAYA

Banten Beach Festival 2016 Sukseskan Program Nasional 20 Juta Wisatawan

Banten Beach Festival 2016
Banten Beach Festival 2016

Gapura Pariwisata ,- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten terus melakukan terobosan dalam rangka meningkatkan promosi budaya dan pariwisata Provinsi Banten di tingkat nasional dan mancanegara, serta mendukung program nasional 20 juta wisatawan pada tahun 2019.

Disbudpar Provinsi Banten kembali menggelar Banten Beach Festival 2016 bertajuk “Spirit Babacakan”  yang akan diselenggarakan pada 25-27 November 2016 yang dipusatkan  di Pantai Wirton, Karang Suraga, Cinangka, Banten.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten Opar Sohari  mengatakan, agenda Banten Beach Festival ini mengangkat tema besar yaitu “Spirit Babacakan”. Pesan dari tema ini adalah ingin memperkenalkan semangat kebersamaan dalam Pariwisata dan Budaya.

“Spirit Babacakan mencerminkan  budaya Asli masyarakat Banten yang selalu senantiasa bergotong royong serta bersama dalam membangun kearifan local,”Ungkap Opar Sohari dalam rilisnya.

Ia menyebutkan melalui tema “Spirit Babacakan” Dinas Kebudayaan & Pariwisata Banten mengajak seluruh stakeholder, Penggiat Wisata Banten, element masyarakat, termasuk media, agar  pesan ini bisa terdistribusi jadi satu gagasan yang memotivasi masyarakat untuk selalu menanamkan semangat kebersamaan khususnya dalam membangun Pariwisata Banten.

“Sejalan dengan  Kementerian Pariwisata melalui Pentahelix atau ABCGM( Akademisi, Bisnis, Community,Government, Media), Pariwisata harus di Bangun secara bersama dengan para pihak terkait dengan Spirit Babacakan sebagai Nyawa nya,”tuturnya.

BBF 2016 tersebut lanjut Opar bertujuan untuk memperkenalkan khazanah budaya dan pariwisata Banten serta mempromosikan objek wisata budaya dan pariwisata Banten dan meningkatkan daya tarik dan minat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Sounding gagasan ini biar Pariwisata Banten terus berkembang, mampu bersaing dengan Negara lain, dan di bangun dengan semangat Babacakan atau Spirit Babacakan. Mengajak Seluruh element masyarakat,  menyuarakan Spirit Babacakan ini hingga terdengar dan menggema ke seluruh Nusantara bahkan Seluruh Dunia,”Paparnya.

Opar menambahkan Banten Beach Festival 2016 banyak menyuguhkan acara diantaranya lomba fotografi, Babacakan Competition, lomba watersport, penampilan debus, pameran produk unggulan dan penampilan spesial dari Rika Roeslan, Ali Zaenal, Sarah Vi, Band Raggae Momonon dan penampilan khas Banten lainnya.

“Produk-Produk Khas Banten baik kerajinan tangan maupun makanan khas di sajikan dalam acara ini bekerjasama dengan Asipa Banten. Selain menyajikan produk khas ada juga Kegiatan watersport akan dikoordinir oleh Balawisata Carita Banten. Akan dilakukan berbagai lomba dan kegiatan seperti ; long swim, run swim run, beach spirit, board race, beach relay, beach flags, dan tube rescue race. Sedangkan untuk fotografi bekerjasama dengan komunitas Instagram Banten dengan mengambil tema 7 Wonderful Banten, dimana para finalisnya telah diumumkan di Gebyar Wisata Banten di Tangcity pada tanggal 10-13 November 2016,”Imbuhnya.

Banten Beach Festival 2016 ini, menjadi puncak rangkaian Exciting Banten In November, menargetkan 40.000 Wisatawan hadir meramaikan dan ikut serta dalam Spirit Babacakan, sehingga diharapkan BBF 2016 dapat menghidupkan sektor ekonomi masyarakat.***TGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *