IMG-20170103-WA0011-300x225 PARIWISATA BUDAYA  Memiliki Banyak Air Terjun, Desa Sukamurni Layak Jadi Desa Wisata

Salah satu air terju yang ada dikawsan Desa Sukamurni Kecaatan Cilawu kabupaten Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Potensi untuk menjadi destinasi wisata alam baru kembali ditemukan dikawasan Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Kawasan hutan yang terletak tidak jauh dai kawasan perkampungan warga tersebut memiliki keindahan alam yang cukup bagus berlatar belakang empat buah air terjun dari satu aliran air sungai.

Sejumlah aktifis peduli lingkungan menemukan lokasi tersebut saat menggelar kegiatan bakti sosial saat melakukan gerakan menanam pohon dibawa bendera Gerakan Hejo dikaki Gunung Cikuray Kecamatan Cilawu Garut, Selasa (3/1/2016).

Waretno Aktivis lingkungan Garut yang juga ketua Gerakan Hejo menilai keberadaan kawasan Desa Sukamurni layak untuk dijadikan  Desa Wisata dengan andalan tempat wisata berupa air terjun yang berjumlah empat buah dalam satu aliran sungai.

“Ini sangat bagus sekali, selain air terjun, desa ini juga berada di bawah kaki Gunung Cikuray yang sudah cukup  terkenal dikalangan para pendaki gunung. Pendukung lainnya adalah  keramahan warga setempat  dan secara tersirat telah menyatakan siap menjadikan desanya sebagai tujuan wisata,”Ungkapnya.

Saat ini keseriusan warga setempat lanjut Waretno dibuktikan dengan kesediaaan warga untuk bahu membahu membangun akses jalan menuju lokasi air terjun dengan swadaya dan gotong royong.

“Garut memang memiliki kekayaan alam yang bisa dijual sebagai tempat wisata, Curug Cisarua ini salah satunya, selain Curug Cihanyawar yang telah lebih dulu dikenal warga da berada satu destinasi wisata nantinya,”Tuturnya.

Ia menambahkan empat buah curug yang berada di Desa Sukamurni semuanya memiliki nilai jual tersendiri bagi para pecinta wisata alam.

“Belum lagi, suasana alam di kaki Gunung Cikuray sangat mendukung untuk kegiatan wisata alam dari mulai hiking, camping garound atau bersepeda gunung. Lokasinya juga mudah dijangkau karena dekat dengan jalan raya Garut-Tasikmalaya,” Paparnya.

Untuk bisa sampai ke lokasi Desa Sukamurni, dari kawasan Garut Kota hanya perlu waktu tempuh  tidak kurang dari setengah jam. sementara, dari Tasikmalaya hanya perlu waktu  sekitar satu jam.

Sebagai bentuk daya dukung msyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan di Desa Sukamurni, sedikitnya sekitar 4000 bibit pohon berbagai jenis telah ditanam warga bersama para Pencinta Alam  da aktivis lingkungan.

Selain kegiatan penanaman pohon para warga setempat dan aktivis lingkungan serta para pecinta alam mengisi malam pergantian tahun dilokasi Curug Cisarua dengan berdoa bersama sama memohon Rido-Nya untuk menjadikan kawsan tersebut sebagai Destinasi wisata baru dengan menjadikan kawasan tersebut sebagai Desa Wisata unggulan Kabupaten Garut.***Tanto

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang