IMG-20170101-WA0025-225x300 PARIWISATA BUDAYA  Air Terjun Cibonte Potensi Wisata Alam Masih Asri dan Alami

Curug Cibonte yang kini mulai dikenali warga sebagai tempat wsiata alam Kota Banjar, foto dok

Gapura Kota Banjar , – Air Terjun Cibonte yang terletak di Dusun Cijambu Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat kini telah menjadi salah satu alternatif lokasi wisata alam yang benar benar asri dan masih alami yang dimiliki di Kota Banjar selain lokasi wisata alam lainnya seperti Gunung Babakan dan Lembah Pajamben.

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan mengatakan, air terjun Cibonte ini adalah air terjun yang masih sangat natural dibanding dengan sejumlah air terjun lainnya. Selain merupakan air terjun temuan baru oleh warga juga lokasinya masih sangat alami dan asri sehingga orang yang berkunjungpun masih sangat terbatas.

“Jika kita berkunjung ke curug Cibonte, insyaallah akan terpuaskan, karena disana kita bisa menikmati hijaunya pepohonan dan gemuruh air terjun dari tebing setinggi 30 meter, serta pemandangan yang indah dan udara yang sejuk dan menenangkan,”Kata  Yayan saat ditemui di lokasi air terjun Cibonte,baru-baru ini.

Menurut Yayan akses menuju curug Cibonte memang masih kurang begitu bagus oleh karenanya pengunjung masih butuh perjuangan untuk mencapai tempat-tersebut, karena tempatnya memang masih benar-benar alami.

“Akses jalan menuju curug Cibonte  tersebut memang masih sulit, sepeda motor pun tidak bisa langsung menuju kesana, sehingga harus jalan kaki sejenak terlebih dahulu untuk nantinya bisa menikmati indahnya curug tersebut,”ungkapnya.

Namun lokasi yang masih sulit dijangkau tersebut lanjut Yayan bagi kalangan pecinta alam atau penggemar petualangan dialam bebas akan sangat mengasyikan.

Sementara itu salahsatu warga Desa Cibeureum, Nanang (32) mengatakan bahwa dirinya berharap Pemerintah Kota Banjar untuk segera membangun akses jalan menuju Curug Cibonte tersebut.

Ia menyebutkan keberadaan Curug Cibonte sebagai  wisata alam air terjun yang merupakan aset alami Kota Banjar khususnya yang ada wilayah Desa Cibeureum.

“Tempatnya indah, disini kita bisa berendam dibawah gemericik air terjun yang begitu derasnya. Namun sangat disayangkan tempat ini masih jarang terjamah oleh manusia, sehingga hingga saat ini belum ada perhatian dengan tempat ini. Saya berharap pemkot Banjar secepatnya bisa membangun akses jalan menuju kesini,”katanya.

Mengenai hal ini Kementerian Sapta Pesona sekaligus ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Banjar Muhammad Ubaedillah Cholik mengatakan,  potensi pariwisata alam yang ada di Kota Banjar belum banyak tergali contohnya air terjun Cibonte di Desa Cibeureum itu.

Menurutnya curug tersebut belum tersentuh sama siapa pun dan masih belum dikelola oleh elemen manapun. jadi pihak-pihak yang terkait harusnya peduli.

“Tidak semata-mata hanya ingin memiliki, tapi seharusnya Pemkot bersama dengan masyarakat setempat membuka Curug Cibonte tersebut, kami kelompok sadar wisata (pokdarwis) patroman jaya kota banjar siap membantu dalam proses kedepanya,”terangnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang