Foto-Buat-Online-300x200 PARIWISATA BUDAYA  Ini Dia Empat Objek Wisata Alam Baru di Garut Langsung di Gandrungi Pengunjung

Ini Dia Air terjun Ciharus yang memiliki ketinggian 130 Meter dengan panorama alam yang masih perawan, foto Kus

Gapura Pariwisata ,- Kabupaten Garut memang memiliki kelebihan panorama alam yang sangat indah untuk dijadikan kawasan objek wisata alam. Tengok saja geliat lokasi wisata yang belum lama ditata kini mulai menjadi referensi bagi para pecinta wisata bernuansa alam.

**Kampung My Darling

Adalah Kampung My Darling yang merupakan  singkatan atau kepanjangan dari kalimat Masyarakat Sadar Lingkungan di kawasan Perkebunan Teh Dayeuhmanggung, Desa Sukatani, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Di kawasan tersebut kini mulai ramai dikunjungi setelah sejumlah fasilitas penunjang pariwisata mulai dilengkapi pihak pengelola yang merupakan warga yang berada disekitar lokasi perkebunan tersebut.

Kampung My Darling diharapkan akan menjadi salah satu destinasi wsiata baru di Kabupaten Garut yang sekaligus dapat menyampaikan pesan positif dalam upaya memelihara kelestarian lingkungan.

Kampung My Darling  dibangun oleh masyarakat dengan penataan dimulai dari halaman rumah masing-masing.

Kampung My Darling sendiri memiliki jumlah penduduk sekitar 300 jiwa atau 98 Kepala Keluarga yang hidup rukun dan disiplin serta peduli terhadap kebersihan dan penataan lingkungan mereka.

**Kacarak Valley

Keindahan alam Kabupaten Garut sepertinya semakin lengkap dengan salah satu daya tarik wisata yang berada masih dikawasan wilayah Kecamatan Garut Kota tepatnya di Keluarahan Sukanegla.

Dilokasi tersebut sudah lama menyimpan panorama alam yang indah namun belum banyak dikunjungi orang karena sebelumnya berada dikawasan hutan tertutup dan baru beberapa tahun terakhir ini mulai dibuka sebagai objek tujuan wisata.

Salah satu daya tarik dikawasan ini adalah pemandangan air terjung yang warga sekitar lokasi menyebutnya sebagai Curug Ngebul atau Curug Karacak. Disebut Curug ngebul karena air terjun tersebut seperti menunjukan uap yang menyerupai asap memutih jika debit air sedang besar. Ngebul adalah bahasa sunda yang berati menguap atau membumbung.

Lokasi tersebut kini terkenal dengan sebutan Karacak Valley yang menyuguhkan panorama berlatar hutan pinus dan panorama perbukitan disekelilingnya dengan andalan air terjun.

**Air Terjun Sukamurni Cilawu

Potensi untuk menjadi destinasi wisata alam baru kembali ditemukan dikawasan Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Kawasan hutan yang terletak tidak jauh dai kawasan perkampungan warga tersebut memiliki keindahan alam yang cukup bagus berlatar belakang empat buah air terjun dari satu aliran air sungai.

Sejumlah aktifis peduli lingkungan menemukan lokasi tersebut saat menggelar kegiatan bakti sosial saat melakukan gerakan menanam pohon dibawa bendera Gerakan Hejo dikaki Gunung Cikuray Kecamatan Cilawu Garut belum lama ini.

Keberadaan kawasan Desa Sukamurni layak untuk dijadikan  Desa Wisata dengan andalan tempat wisata berupa air terjun yang berjumlah empat buah dalam satu aliran sungai.

**Air Terjun Ciharus Leles

Objek wisata air terjun Ciharus yang berada disalah satu lokasi wilayah Desa Dano, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut,  saat ini mulai banyak dikenal dan dikunjungi banyak orang.

Keindahan panorama alam sekitar lokasi air terjun tersebut membuar sejumlah orang memilih mengunjungi lokasi air terjung dengan ketinggian 130 meter tersebut untuk berlibur sambil menikmati suasana alam yang masih perawan dan belum banyak dijamah warga.

Pihak Pengelola air terjun Ciharus, terus berupaya memperkenalkan lokasi wsiata tersebut meski baru dari mulut kemulut dan kini makin digandrungi pengunjung pada setiap libur akhir pekan.

Jarak dari jalan raya leles menuju kantor Desa Dano sekitar 10 KM sementara dari kantoor desa kelokasi air terjun hanya sekitar 2 KM dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan baik roda empat maupun sepeda motor, karena akses jalan sudah diaspal.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang