Situ-Bagendit-Garut-300x154 PARIWISATA BUDAYA  Meskipun Bersampah, Pengunjung Situ Bagendit Melonjak Tiga Kali Lipat

Situ Bagendit sudah mulai tampak rapi setelah memasuki proses normalisasi, foto Istimewa

Gapura Garut,  – Momen liburan panjang ketiga kali di bulan ini, dimanfaatkan betul warga untuk berlibur, tak ayal sejumlah tempat wisata pun dijejali pengunjung. Salah satunya Situ Bagendit yang berada di kecamatan Banyuresmi, kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hermawan, petugas jaga kawasan Situ Bagendit mengatakan, jika dibanding hari biasa, kunjungan wisatawan saat liburan panjang mengalami lonjakan cukup signifikan. “Mungkin bisa tiga kali lipat,” ujarnya, saat ditemui, Ahad, 30 April 2017.

Keberadaan situ atau danau seluas 124 hektar itu memang menjadi magnet buat warga Garut dan sekitarnya saat liburan tiba. “Dekat saja daripada harus ke laut jauh,” ujar Devi, salah seorang warga Banyuresmi.

Meskipun banyak sampah, namun kondisi itu tidak menyurutkan minat warga untuk menikmati liburan kali ini. “Saya bersama tiga anak, baru pertama kali datang ke sini, ingin menikmati arena bermain air,” ujar Sandi, pengunjung asal Bandung.

Menurutnya, keberadaan Situ Bagendit yang berada di dekat kota serta ticket yang terbilang murah Rp 5.000/ orang, mampu menarik animo masyarakat untuk berkunjung, tak ayal pengunjung dari daerah tetangga pun seperti Bandung, Tasik dan Jakarta selalu menyempatkan berkunjung. “Alamnya masih asri, sehingga keluarga pun menyenanginya,” ujar Ajat pengunjung dari Bandung yang lainnya.

Herni, petugas jaga taman bermain angsa air atau becak air mengakui, momen liburan panjang memberikan pemasukan yang cukup signifikan, namun khusus pekan ini, jarak berdekatan dengan akhir bulan, jumlah pengunjung tidak seramai liburan panjang pekan lalu. “Tapi minimal 100 pengunjung insyaalloh bisa kami himpun (masuk arena air),” ujarnya.

Mayoritas pengunjung yang datang ujar dia, masih didominasi pengunjung lokal yang berasal dari sekitar Garut, Tasik, Bandung dan Jakarta. “Paling wisatawan luar sekali-kali,” kata dia.***JSN

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang