IMG-20170526-WA0000-300x225 PARIWISATA BUDAYA  Jelang Ramadhan, Warga Jajawar Banjar Gelar Ngikis Di Situs Dalem Margayuda

Warga Jajawar saat menggelar tradisi Ngikis Jelang Ramadhan, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Menjelang bulan suci ramadhan, warga dusun Jajawar Kulon menggelar tradisi atau budaya Ngikis di situs Margayuda, di desa Jajawar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (25/5/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Banjar, Camat Banjar, tokoh-tokoh budayawan Banjar, serta warga Jajawar.

Sesepuh Desa Jajawar, Ocod Akasad (60) mengatakan, bahwa Ngikis secara harfiah berarti memagar, artinya memagari diri di bulan suci ramadhan. Ia pun menerangkan bahwa kegiatan ini sudah turun-temurun.

“Kegiatan ini sudah turun-temurun, ngikis berarti membersihkan diri lahir dan bathin serta memagari diri di bulan suci ramadhan,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa dahulu di sini dalam kegiatan seperti ini para lelaki setiap menjelang bulan puasa selalu ” bebersih” di areal makam (keramat), kemudian para istri mengirim berbagai makanan, sehingga melakukan makan bersama. Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini pun dilakukan berdo’a bersama, hal ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

“Kegiatan ini dijadikan agenda tahunan, dan saya berharap masyarakat terus melestarikan tradisi budaya ngikis ini,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang