21616544_10212215104785229_5413212111259756816_n-300x200 PARIWISATA BUDAYA  Puti Soekarno Putri Apresiasi Gelar Budaya Seren Taun di Kuningan

Bupati Kuningan Berserta Istri, foto Istimewa

Gapura Kuningan ,- Puti Soekarno Putri Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaika apresiasinya pada gelar budaya tradisional masyarakat Agraris Sunda, Seren Taun di Kabupaten Kuningan, Jawa  Barat, Kamis (14/9/2017).

Puti juga mengingatkan pentingnya melestarikan budaya untuk memperkokoh bhineka tunggal ika yang dititipkan oleh para leluhur bangsa Indonesia.

Acara bertajuk ‘Memperkokoh Adat Dalam Memperkuat Karakter Bangsa’ menurut cucu Proklamator Soekarno ini dapat menjadi wahan melestarikan budaya pada generasi muda yang merupakan penerus bangsa.

“Ke Bhinekaan saat ini dinilai jauh dalam jangkauan rakyat Indonesia, padahal karakter bangsa Indonesia telah jauh hari dimiliki oleh bangsa yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Namun, kini mulai ditinggal perlahan,” kata Puti kepada wartawan.

Menurutnya anak muda saat ini tidak mengenal akar bangsa, sehingga Pancasila dan kebhinekaan menjadi hal yang tidak melekat dalam karakter.

“Karena dalam melestarikan budaya dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menarik minat orang banyak. Bangsa lain tetap dapat membangun bangsanya dalam kemodernisasian, tanpa melupakan nilai, warisan luhur yang telah melekat dan menjadi modal utama pembentukan karakter bangsa,”,Tuturnya.

Ia menyebut seharusnya Indonesia dapat melakukan hal yang lebih dari apa yang dilakukan selama ini.

Puti menekankan bahwa teknologi serta modernisasi tidak ada artinya apabila tidak mengenal dan menghargai tradisi dan budaya. Untuk itu, dia berharap, pemerintah mengambil sikap dan memperhatikan budaya dan tradisi yang mulai terlupakan.

Puti mengingatkan, masyarakat jangan sampai melupakan cita-cita para pendiri bangsa. Di mana Presiden Soekarno menitipkan bangsa Indonesia beserta dengan keberagamannya, dan ini dapat dilakukan dengan bergotong royong.

“Bukan sekedar untuk memperkaya khasanah nasional, kekayaan tapi juga untuk kebangkitan Indonesia di masa mendatang,” tutup Puti.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang