IMG-20171027-WA0010 PARIWISATA BUDAYA SENI & HIBURAN  Nyaneut Festival Kembali Meriahkan Kalender Pariwisata Garut

Gapura Garut ,- Agenda pariwisata dan  budaya tahunana Festival Nyaneut di Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali digelar secara meriah.

“Insya Alloh akan kembali hadir festival minum teh tradisi warga di Kaki Gunung Cikuray Kecamatan  Cigedug,”Kata Dasep Badrusalam penggiat pariwisata dan budaya Kabupatan Garut, Jumat (27/10/2017).

Menurut Dasep warga situ Gede Cigedug sudah kembali mempersiapkan agenda budaya yang merupakan tradisi minum teh turun temurun dikalangan warga setempat.

“Tradisi Nyaneut merupakan tradisi minum teh ala warga di tatar sunda. Jadi tata cara tradisi minum teh tidak hanya milik warga di negara Jepang, Cina, Korea atawa Eropa sekalipun melainkan Indonesia juga memiliki tradisi khusus minum teh yang berada di Sunda Jawa Barat yakni Nyaneut,”tuturnya.

Berdasarkan sejumlah literatur yang dijumpa lanjut Dasep  tradisi Nyaneut di kaki gunung Cikuray, Garut sudah ada sejak tahun 1800an. 

“Tahun ini akan dihelat pada hari Sabtu tanggal 4 Nopember 2014 di Lapang Situgede, Cigedug,”terangnya.

Dasep berharap dengan Nyaneut Festival akan menjadi pemicu bagi sejumlah penggiat pariwisata dalam rangka menguatkan Kabupaten Garut sebagai daerah tujuan wisata terkemuka di Jawa Bara.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang