WhatsApp-Image-2018-06-20-at-07.08.37-300x225 PARIWISATA BUDAYA  Ini Dia Sejumlah Fasilitas TWA Gunung Papandayan Siap Memanjakan Pengunjungnya

Kolam Renang Air Panas yang berada dikawasan Taman Wisata Alam Kawah Gunung Papandayan, Garut, foto JMB

Gapura Garut ,- Sejumlah fasilitas penunjang untuk melengkapi kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat terus disediakan operator pengelola TWA tersebut.

Tri persada Direktur PT Alam Indah Lestari (AIL) sebagai pengelola TWA Kawah Papandayan mengatakan salah satu fasilitas tambahan yang disediakan pihaknya berupa penyediaan sarana telekomunikasi.

“Perusahaan telekomunikasi seluler Telkomsel telah memasang mini tower untuk memudahkan wisatawan berkomunikasi maupun mengakses internet di kawasan ini,”kata Tri Persada ditemui di Kawasan TWA Gunung Papandayan, Selasa (19/6/2018).

Menurut Tri, kehadiran mini tower tersebut  sudah dipasang sebelum lebaran sehingga pengunjung tetap dapat berkomunikasi meskipun ada diatas ketinggian kawah Gunung ini.

“Memang terpasang hanya dispot-spot tertentu agar setiap pengunjung dapat tetap fokus menikmati kawasan TWA Papandayan ini dan jika sewaktu waktu butuh komunikasi selular dapat mendekat di spot-spot yang tersedia jaringan berkat mini tower itu,”ungkapnya.

Tri mengakui sebelumnya Ia meminta ke Telkomsel yang memiliki program membuka jaringan telepon seluler dan internet untuk memudahkan masyarakat berkomunikasi seperti di kawasan pegunungan di Papandayan.

“Mini tower ini pakai genset, kalau memungkinkan nanti memenuhi kriteria akan dibangun tower juga di sini, itu tergantung penilaian pihak perusahaan selular saja” ujarnya.

Selain hadirnya mini tower untuk akses komunikasi, fasilitas lainnya yang mulai dikembangkan pengelola Papandayan adalah hadirnya cotage atau bungalow bergaya arsitektur unik disesuaikan dengan nuansa alam dimana seluruh bangunannya terbuat dari bambu dan kayu serta beratap ijuk.

“Sydah ada dua buah cotage dan luar biasa peinatnya ternyata pada lebaran tahun ini sangat luar biasa. itu terus terisi padahal baru dibuka jelang lebaran ini,”ungkap Tri.

Ia menyebut Cotage-Cotage itu akan dikembangkan sesuai dengan konture yang ada dan saat ini menghadap pada taman bunga Adelewis yang berhasil dikembangkan tidak jauh dari kawasan parkir TWA Papandayan.

“Sekarang pengunjung dapat menjumpai bungan Adelewis tidak harus ke Pondok saladah lagi tetapi ini didekat parkir kendaraan sudah kita kembangkan taman Adelewisnya,”imbuhnya.

Saat ini Taman Wisata Alam Gunung Papandayan telah semakin lengkap memiliki banyak spot-spot wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan yakni areal perkemahan, hutan mati, kawah, taman edelweis, ‘cottage’ atau rumah bernuansa alam, dan pemandian air panas alami.***JMB

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang