Gapura Banjar , – Jalan sehat biasanya digelar melintasi di jalan umum atau jalan raya, namun jalan sehat ala Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Jawa Barat ini berbeda dengan jalan sehat pada umumnya.

Jalan sehat yang digelar Minggu, 30/12/2018) pagi di area hutan Sangkur di Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari ini mengambil rute mengelilingi hutan Sangkur. Sebanyak 2000 peserta menyambut antusias dengan kegiatan jalan sehat tersebut.

Ketua penyelenggara jalan sehat, Toni Farindo mengatakan, bahwa tujuan dari jalan sehat ini selain membuat tubuh bugar, juga bertujuan untuk mengenal destinasi wisata alam Sangkur.

“Kami memanfaatkan potensi alam yang ada di Kota Banjar, oleh karena itu melalui kegiatan jalan sehat ini kami ingin mengenalkan destinasi wisata alam Sangkur ini kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya bercita-cita ingin membangun dan mengembangkan potensi alam yang ada di wilayah Desa Mulyasari ini. Ia pun mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Perhutani dan Pemerintah Kota Banjar.

“Di hutan Sangkur ini masih terdapat potensi-potensi yang bagus untuk dikembangkan menjadi tempat wisata alam. Salah satu contoh disini terdapat curug (air terjun), gua kerud, situs-situs budaya, serta potensi-potensi lainnya,” imbuhnya.

Asisten Perhutani (Asper), Alexander menyambut baik dengan apa yang dicita-citakan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Mulyasari. Menurutnya apa pun itu untuk hal positif, ia mendukungnya.

“Kami sambut positif dengan keinginan teman-teman dari LMDH yang ingin membangun tempat destinasi wisata alam di hutan Sangkur ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan semangat warga Desa Mulyasari yang akan membangun sebuah wana wisata alam Sangkur ini. Menurutnya, ini merupakan bentuk sinergitas antara LMDH, Karang Taruna, Asper, Kepala Desa, dan Pemerintah Kota Banjar.

“Kami sangat apresiasi dengan semangat LMDH yang ingin membangun sebuah destinasi wisata alam Sangkur di Desa Mulyasari ini. Meski baru sampai sini, namun kedepan tempat ini pasti banyak dikunjungi warga,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa masyarakat Banjar harus bangga. Meski tidak memiliki laut dan candi, namun Kota Banjar memiliki banyak potensi alam yang bisa dijadikan tempat wisata.

“Kita jangan menangis meski tidak memiliki laut dan candi, tapi kita harus bangga menjadi warga Banjar karena Banjar memiliki potensi tempat wisata alam yang mumpuni untuk terus dikembangkan,” katanya.

Kegiatan jalan sehat ini dihadiri oleh Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana, Kepala Desa Mulyasari, Wawan Gunawan, Asper Alexander, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Mulyasari.

Sebelum pengundian tiket jalan sehat, peserta terlebih dahulu dihibur oleh hiburan dangdut yang asyik untuk bergoyang ria.

Usai kegiatan, Karang Taruna, LMDH, dan warga lainnya melakukan aksi pungut sampah. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan untuk menjaga pelestarian hutan.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang