cisaat8-300x225 PENDIDIKAN  Serunya “Public Speaking Sharing” Ala Riungan Shodaqoh Kampus Uniga

Salah satu Kegiatan yang digelar “Riungan Shodaqoh” yang digelar di Kecamatan Pasirwangi Garut, foto Istimewa.

Gapura Garut ,- Keahlian berkomunikasi adalah salah satu komponen Kepemimpinan. Sementara itu bagian penting dari keahlian berkomunikasi adalah Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking). Siapa yang tak kenal pemimpin besar dunia seperi Soekarno, Mandela, Abraham Lincoln, Jhon f. Kennedy, Martin Luther King, Malcol X (El-Hajj Malik El-Shabazz), Margaret Thacher, sampai dengan Barack Obama. Mereka dikenal sebagai pemimpin besar dengan keahlian public speaking-nya.

Itulah salah satu motivasi yang mendorong para aktifis kampus dari beberapa Fakultas di Universitas Garut (Uniga), Garut, Jawa Barat yang tergabung dalam “Riungan Shodaqoh”.

Menurut Pembina Riungan Shodaqoh yang juga koordinator kegiatan tersebut Setiadi Ihsan, pihaknya secara berkesinambungan terus menggelar kegiatan tersebut sebagai wujud kontribusi kampus kepada calon-calon pemimpin bangsa kedepan.

“Ini adalah kegiatan untuk yang ke-13 kali nya kami gelar dengan nama “public speaking sharing”, untuk kali ini dipusatkan  di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Al-Baqiyatushsholihat kecamatan Banjarwangi, Garut”, Kata Setaidi Ihsan, Sabtu (27/12/2014).

Menurutnya , acara tersebut diikuti oleh sekitar  6o peserta yang merupakan siswa dan siswi Madrasah tsanawiyah dan Aliyah Al-Baqiyatushsholihat Banjarwangi dengan bantuan 7 orang fasilitator yang terdiri dari mahasiswa Farmasi, F-MIPA Universitas Garut (UNIGA).

“Kami membagi kegiatan ini dalam 3 sesi. Sesi pertama pengenalan Public Speaking: Teori dan Praktik yang disampaikan oleh saya sendiri,kemudian  sesi ke 2 adalah Dinamik Group, pendalaman materi Public Speaking, yang dipandu oleh 7 fasilitator, berupa praktek public speaking dengan tujuan utama mendorong keberanian dan kepercayaan diri dari para peserta untuk berbicara di depan umum dan sesi ke-3 adalah lomba public speaking yang diikuti oleh para wakil kelompok”, Paparnya.

Sementara itu Riungan Shodaqoh sendiri lanjut Setiadi ihsan yang juga Dosen Komunikasi kesehatan Fakultas MIFA Uniga tersebut, adalah kumpulan aktivitas yang ditujukan untuk memberi manfaat kepada yang membutuhkan dalam bentuk apapun yang bisa dilakukan.

“Intinya Riungan Shodaqoh mencoba menjembatani pihak-pihak yang ingin berbagi dengan sesama melalaui penyediaan kegiatan ke arah itu dengan menyeleksi tempat-tempat dan komunitas yang membutuhkan uluran tangan”. Pungkasnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang