PENDIDIKAN

Para Praja IPDN Terkesan Mengikuti Praktek Lapangan Dikota Banjar

Para Praja IPDN yang mengikuti praktek kerja lapangan di Pemkot Banjar, foto Hermanto
Para Praja IPDN yang mengikuti praktek kerja lapangan di Pemkot Banjar, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Sebanyak 741 Taruna Nindya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melakukan praktek lapangan III di setiap OPD Kota Banjar, Jawa Barat

Kegiatan praktek lapangan ini merupakan kurikulum wajib akademik yang bertujuan agar para praja bisa belajar tentang pengelolaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) di semua OPD yang ada di lingkup Kota Banjar.

Para Taruna Nindya praja ini melakukan praktek lapangan selama satu bulan, terhitung mulai dari tanggal 16 Maret sampai 14 April 2015. Selama menjalankan praktek lapangan, mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah mulai dari Sabang hingga Merauke ini dibina oleh kepala satuan kerja terkait.

Bagi para Taruna Nindya Praja yang kebetulan mendapatkan penempatan praktek kerja lapangan  diwilayah Kota Banjar mengaku sangat  terkesan dengan keramahan dan penyambutan warga Kota Banjar terhadap kehadiran mereka.

“Kami sangat terkesan dengan keramahan warga Banjar, dan hal ini yang membuat kami betah,”Kata Muhamad Iqbal Praja asal Aceh saat ditemui Selasa (24/3/2015).

Menurutnya selain warganya yang sangat ramah dan mudah bergaul, para pegawai disetiap kantor tempat mereka praktek pun sangat baik dan membantu penuh kebutuhan kegiatan praktek mereka.

“Alhamdulillah warga dan para karyawan pemerintahan disini sangat baik dalam membimbing kami saat melakukan kegiatan praktek lapangan ini,”ungkapnya.

Selain ramah, namun ada beberapa hal yang menurutnya masih kurang di Kota Banjar seperti tidak adanya sarana transportasi angkutan Kota dimalam hari danmasih  kurangnya sarana prasarana untuk ruang publik serta tempat hiburan.

“Disini masih kurang tempat hiburan, selain itu juga sarana transportasi khususnya angkot tidak ada yang beroperasi pada malam hari,”kata Hidayat Putra Setiawan, Taruna Praja lainnya yang praktek di Kantor BKD Kota Banjar.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjar Darmadji Prawirasetya mengatakan bahwa ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kota Banjar, semoga dalam proses praktek lapangan ini, dapat memberikan pengalaman kerja dan pengetahuan sebagai bekal untuk menyelesaikan pendidikan di kampus yang mencetak aparatur pemerintahan tersebut.

“Dalam kerjasama ini, semoga dapat memberikan pembinaan dan mendidik praja agar paham tentang pelaksanaan tugas di pemerintahan,”ujarnya.

Darmadji berharap untuk kedepannya Kota Banjar dapat menjadi laboratorium kerjasama yang baik antara pihak IPDN dan Pemkot Banjar dalam praktek dan proses belajar.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *