Bazzar-SMK-1-Ciamis--300x225 PENDIDIKAN  SMKN 1 Ciamis Bangun Laboraratorium Bisnis Center

Gambar ilustrasi, foto istimewa

Gapura Ciamis ,- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri 1 Ciamis, Jawa Barat membangun sebuah laboratorium Bisnis Center hasil kerjasama dengan perusahaan ritel terkemuka Alfamart.

Laboratorium Bisnis yang dibangun di area milik sekolah tersebut nantinya akan dipergunakan untuk mengaplikasikan ilmu pemasaran bagi para siswa SMKN 1 Ciamis khususnya jurusan pemasaran.

Selain memasarkan berbagai produk untuk kebutuhan masyarakat sekitar, laboratorium bisnis center ini juga akan memasarkan sejumlah produk kreatif yang dihasilkan dari karya para pelajar selama ini.

“Sejumlah produk kreatif karya pelajar kami akan menjadi produk unggulan yang bisa dipasarkan langsung di laboratorium bisnis center ini. Produk yang terbuat dari limbah kain dan kardus bekas pun telah mampu disulap menjadi tempat pensil dan celengan yang menarik dan unik”, Kata Ika Karbiati Sardi, Kepala SMKN 1 Ciamis, Senin (10/8/2015).

Menurutnya, program pendidikan ritel di sekolah ini sudah menyerap lebih kurang seribu lebih pekerja dari lulusan pelajar SMK.

“diharapkan pendidikan retail ini berdampak positif dalam memberikan gambaran kerja nyata dan menurunkan angka pengangguran di Kabuupaten Ciamis”, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto mengatakan, Laboratorium Bisnis Center untuk siswa ini, dibangun sebagai bentuk kerja nyata bagi pelajar SMK jurusan pemasaran untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatnya di bangku sekolah.

“di laboratorium ini pelajar bisa memberikan pelayanan kepada konsumen secara langsung dalam transaksi jual beli. Program kerjasama dengan perusahaan retail ini diharapkan dapat menjadi semacam simulasi bagi pelajar untuk menyerap ilmu pemasaran dan manajemen dalam dunia bisnis”, Tuturnya.

Marwoto menambahkan, program pendidikan ritel Alfaclass ini sudah diimplementasikan di 38 sekolah menengah kejuruan yang tersebar di 24 kota di indonesia.

“Diharapkan, program ini dapat memberi gambaran bagi pelajar saat memasuki dunia kerja nyata”, Ucapnya. ***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang