DSCN7368-300x225 PENDIDIKAN  Pramuka Gugus Kiansantang Gelar Berbagai Kegiatan

Gapura Garut ,- Gerakan Pramuka Gugus Kisantang, Desa Salamnunggal, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut menggelar kegiatan penjelajahan yang melibatkan dua anggota Pramuka dari SD Negeri Salamnunggal dan SD Negeri Ciburial dengan jumlah  regu sebanyak 12 regu, masing masing regu beranggotakan 11 orang.

Sebelum  memberangkatkan para anggotanya, Ketua  Gugus Kiansantang Hj Sumirah memberikan  arahan terlebih dahulu agar seluruh anggota Pramuka yang terlibat dalam keggiatan penjelajahan tersebut senantiasa memperhatikan keselamatan dan mentaati aturan-aturan yang telah disepakati bersama.

“Selama perjalanan harus kuat dan selalu berhati-hati, jangan lupa  saling tolong menolong sesama rekan jangan ada kecurangan dan senantiasa menjunjung tinggi kejujuran”, Kata Hj. Sumirah, Sabtu (29/8/2015)

Sementara itu Ujang  Suharyadinata , selaku guru pemimbing SD Negeri Salamnunggal  03  menerangkan, di Gugus Kianasantang Desa Salmnunggal selalu menyelenggarakan kegiatan  tersebut sebagai agenda rutin setiap tahunnya.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan Gugus Pramuka Kinsantang, selain penjelajah juga berbagai kegiatan termasuk berbagagai lomba selalu dilaksanakan pada gelaran pesta pramuka disini”, Ungkapnya.

Dua guru pembimbing Pramuka lainnya yang selama ini aktif di Gugus Kiansantang adalah Hilman dan Yanti Sudiyanti. Keduanya berpendapat kegiatan pramuka merupakan upaya untuk melatih disiplin dan karakter setiap anak didik untuk menjadi lebih baik.

“Mereka diajarkan disiplin dan senantiasa menggumi dan mencintai keindahan tanah air sendiri”, Tuturnya.

Keduanya menambahkan,  membina kesehatan dan kesegaran fisik bagi para anak didiknya sangat mudah dengan kegiatan-kegatan dalam gerakan pramuka.

“Kosepnya kegiatan ini lebih pada belajar sambil bermain sehingga dapat megendorkan ketegangan pikiran mereka dalam menjalani pelajaran sekolah setiap harinya”, Ucapnya

Kepala SD  Negeri  Ciburial 03  Yuyum Kurniasih, ditemui terpisah menuturkan kegiatan paramuka  ini bagian dari pelajaran ektra kulikuler yang diharapkan mampu mengembangkan kepribadaian dan kemandirian dari anak-anak didiknya.

“Dimasa mendatang anak-anak didik kita ini merupakan generasi yang akan meneruskan kita semua, sehingga perlu terus dibina dan dilatih berbagai kemampuan dan kecakapan sehingga kelak akan menjadi generasi yang tangguh dan handal”, paparnya.

Yuyum menegaskan, Pramuka sangat digemari dan disenangi hampir oleh seluruh anak-anaknya.

“Mereka sangat menggemari kegiatan Pramuka, oleh karenanya hampir seluruh anak didik kami ikut serta dalam gerakan kepanduan ini, di pramuka mereka dapat berreatifitas dan mengembangkan bakat yang selama ini terpendam”, Pugkasnya.***Kus Kus Markuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang