IMG20160719094411-300x225 PENDIDIKAN  Siswa Baru SMKN 2 Garut Ikut MPLS Tanpa Peloncoan

Para siswa SMKN 2 Garut baru saat mengikuti MPLS, foto smkteam

Gapura Pendidikan ,- Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) biasanya dilewati para siswa siswi SMP dan SMA baru dengan gojlokan, hukuman dan tempaan dari kaka kelasnya, bahkan perasaan tertekan, dipermalukan juga tindak
perpeloncoan yang dilakukan oleh kaka kelasnya menjadi momok yang menyeramkan bagi para Peserta.

Namun saat ini semua itu dipastikan akan terjadi lagi menyusul Mentri Pendidikan telah  merubah MOPD menjadi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) sistem pendidikan yang sudah menjadi kebiasaan itu diubah dengan sistem pendidikan yang disesuaikan dengan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) no. 55 Tahun 2014 yaitu Tidak ada tindak perpeloncoan dan penggunaan atribut yang berlebihan serta tugas tugas aneh yang membuat para siswa dan orang tua sibuk mencari tugas yang dimaksudkan.

SMKN 2 Garut berdasarkan pemantauan dilapangan telah melaksanakan ketenuan menteri Pendidikan tersebut dengan pelaksanaan MPLS mulai Senin, 18 Juli 2016 hingga selesai.

“Semuanya sesuai dengan arahan yang telah diberikan oleh mentri pendidikan dan kebudayaan dengan mengubah sistem MPLS menjadi lebih menyenangkan, dan memperbanyak sharing atau berbagi pengalaman”, Kata Iwan Ridwan Salah seorang anggota Komite SMKN2 Garut, Selasa (19/7/2016).

Menurt Iwan saat ini atribut yang digunakan oleh para siswa lebih bermuatan edukasi bermuatan lolak yaitu dengan menggunakan ikat sunda.

“Atributnya juga memakai iket sunda supaya para siswa lebih mengenal dan memahami budaya khas Sunda dimana Garut adalah bagian dari tatar sunda”, tegasnya.

Sementara itu para siswa juga tampak lebih nyaman saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPLS tersebut.

Riswandi Hadli salah seorang siswa baru mengaku sangat senang dapat masuk di SMKN 2 Garut dan dapat mengenal lebi jauh melelaui MPLS.

“Senang karena ini cita-cita saya sejak SMP untuk bisa belajar menimba ilmu disini”, Kata Riswandi yang merupakan siswa asal Kecamatan Pemungpeuk Garut Selatan.

Wandi mengaku sangat terkesan dengan acara MPLS saat ini yang banyak memberikan pengetahuan baru bagi dirinya.

“Saya banyak mendapatkan pengetahuan baru bahkan ide kreatif dari kami para siswa juga dapat tersalurkan disni”,Ucapnya.***teamsmk

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang